spot_img
Minggu, April 21, 2024
spot_img

7 Air Rebusan yang Bisa Mengatasi Asam Urat, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

 

KNews.id – Asam urat adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan efisien. Beberapa orang percaya bahwa minuman atau ramuan tertentu dapat membantu mengurangi gejala asam urat. Salah satu ramuan yang sering disebutkan adalah air rebusan.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada bukti ilmiah yang kuat yang mendukung klaim ini. Dan perlu diingat jika air rebusan ini tidak menggantikan perawatan medis yang sesuai, dan konsultasi dengan dokter Anda tetaplah penting.

- Advertisement -

Berikut beberapa air rebusan yang sering disebutkan bisa membantu mengatasi asam urat.

1. Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada sendi yang disebabkan oleh asam urat. Anda dapat menambahkan irisan jahe segar ke dalam air panas untuk membuat ramuan jahe.

- Advertisement -

2. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Ramuan kunyit dengan susu atau air hangat dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

3. Ceri Tart

Ceri tart diketahui memiliki kandungan antiinflamasi yang tinggi. Minum jus ceri tart atau mengonsumsi buah ceri tart secara langsung dapat membantu mengurangi gejala asam urat.

- Advertisement -

4. Daun Salam

Daun salam telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah kesehatan, termasuk asam urat. Anda dapat merebus beberapa daun salam dalam air dan meminumnya sebagai ramuan.

5. Cuka Sari Apel

Beberapa orang percaya bahwa cuka sari apel dapat membantu menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh. Campurkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air dan minum secara teratur.

6. Daun Sambiloto

Daun sambiloto telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan dan peradangan. Minum rebusan daun sambiloto secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan akibat asam urat.

7. Air Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan memiliki sifat alkalis yang dapat membantu menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh. Perasan lemon segar yang ditambahkan ke dalam air hangat dapat membantu membersihkan tubuh dari toksin dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Pastikan untuk mengkonsumsi ramuan-ramuan ini sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat, yang meliputi pola makan seimbang, berolahraga secara teratur, dan menjaga berat badan ideal.

Juga, diskusikan dengan dokter Anda sebelum mencoba ramuan baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan lain atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

(Zs/S.Co)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini