spot_img
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Waspada Modus Baru Penipuan Paket COD, Kenali Cirinya Agar Tak Tertipu

KNews.id – Beragam modus penipuan menghantui masyarakat di Tanah Air. Terbaru, adanya modus penipuan paket online dengan sistem pembayaran cash on delivery (COD) yang telah memakan korban.

judul “Hati-Hati Modus Baru, Tidak Pernah Pesan Paket Online Tapi Datang Sampai 4X”.

- Advertisement -

Di mana, dalam video tersebut terjadi percakapan antara seorang kurir paket dengan calon penerima barang. Alih-alih menyerahkan paket, pihak kurir justru memberitahu jika paket yang dibawa mencurigakan. Ini terlihat dari nomor resi yang tertera pada paket barang.

“Ini mas Bagus Satria ya, mas sebelumnya saya numpang nanya dulu nih. Ini kan ada paket untuk sampean tapi ini resi-resi rawan. Kalau boleh tahu sampeyan ada transaksi atau tidak. Ini ada paketan nilainya Rp150 ribu yang kemungkinan isinya sandal. Jadi masnya sama sekali gak ada transaksi ya,” tanya sang kurir meyakinkan.

Percakapan keduanya pun terus berlanjut, antara si kurir dengan penerima paket tersebut. Rupanya, paket jenis tersebut bukan sekali diterimanya, melainkan sudah 4 kali datang dan satu kali di bayar.

Di mana, korban tertipu pada saat paket datang sementara sang penerima paket tidak ada di rumah. Paket COD itu lantas diterima istri korban dan langsung dibayar sejumlah uang sesuai tagihan.

- Advertisement -

Atas nasib yang dialami korban, si kurir lantas menjelaskan bahwa modus penipuan paket online COD bisa terjadi apabila resi yang tertera dalan paket diawali dengan angka-angka alias tidak ada kombinasi huruf. Seperti halnya yang dibawa dirinya dengan nomor resi 1184867569 alias hanya ada deretan angka semata.

Dijelaskannya, modus penipuan paket online COD memang sengaja dilakukan oknum seller yang berniat menipu lantaran tidak mempunyai pembeli. Seller tersebut mengirimkan paket COD ke banyak alamat secara acak dan berharap dibayar oleh keluarga penerima paket.

“Kalau dibayar pasti untung, tapi kalau tidak diterima hanya rugi di ongkis kirim saja, “ jelasnya.

Dirinya pun membeberkan,  bahwa masyarakat harus waspada dengan modus penipuan paket online COD yang mempunyai resi yang diawali nomor 118 atau nomor-nomor yang tidak diawali kombinasi huruf. (Zs/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini