spot_img
Senin, Mei 20, 2024
spot_img

“Wakanda No More, Indonesia Forever”, Mutiara Baswedan Jelaskan Makna dari Closing Statement Anies Baswedan

KNews.id – Mutiara Annisa Baswedan, putri sulung Anies Baswedan memberikan pandangannya soal “wakanda No More, Indonesia Forever’ pada debat pertama Capres-Cawapres 2024 di Kantor KPU, pada Selasa 12 Desember 2023.
Sebagaimana diketahui, Gelaran debat pertama Capres 2024 telah dilangsungkan dengan mempertemukan ketiga Capres dalam satu panggung.  Mereka berdebat dengan argumen, gaya serta ciri khasnya masing-masing untuk menarik perhatian publik memilihnya sebagai Presiden RI 2024.
Berbagai isu dilontarkan untuk saling menyerang dan solusi menyelesaikan persoalan.  Salah satu yang menarik adalah tema demokrasi yang membuat tensi cukup tinggi antara Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, sampai ungkit Pilkada DKI.
Dalam debat perdana capres , Anies sempat menyebut tentang kebebasan berpendapat yang harus terjaga serta menekankan tidak boleh ada lagi ketakutan untuk menyampaikan pendapat pada masa depan.  Tak ayal, ungkapan ‘Wakanda No More, Indonesia No More’ digunakan Anies sebagai tagline dalam sesi debat perdana Capres.
Sementara itu, Mutiara Baswedan menjelaskan maksud dari closing statement dari ayahnya, Anies Baswedan dalam momen debat pertama.
“Jadi sebenarnya Wakanda itu, kan sekarang karena kebebasan berpendapat itu kan harusnya kita tenang gitu untuk menyebutkan,’Oh Indonesia begini’. Sekarang kan suka diganti tuh apalagi di Twitter,” ucapnya.
Tia sapaan akrab putri sulung Anies Baswedan ini menjelaskan bahwa kini banyak orang mengganti nama Indonesia menjadi Wakanda, atau Konoha untuk menyampaikan kritik.
“Jadi maksudnya itu menyampaikan bahwa ‘Wakanda No More, jadi kita tuh nyebut Indonesia aja harusnya udah tenang,” tuturnya.  Kemudian, Mutiara mengungkapkan pendapatnya soal penampilan dari ayahnya pada debat Capres pertama.
“Jujur aku paling suka itu closing-nya, apalagi pas’Wakanda No More, Indonesia Forever, langsung kayak Yesss, seneng banget rasanya” ucap Tia seraya mengangkat kedua tangannya dengan semangat.
“Closing-nya merangkum semua yang Abah (Anies Baswedan) sebutkan selama debat dan di-close dengan detik-detik terakhir dengan punchline, menurutku sih keren,” pungkasnya.
Sebagai informasi, Mutiara Annisa Baswedan juga ikut berperan sebagai tim riset untuk kampanye Anies-Muhaimin Iskandar (AMIN).  Mutiara Annisa Baswedan, Putri sulung dari pasangan Anies Baswedan dan Fery Farhati Ganis lahir pada tanggal 3 Juni 1997.
Mutiara memiliki 3 saudara laki-laki, yang Bernama Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan, dan Ismail Hakim Baswedan.  Selama masa kampanye Ayahnya, Mutiara masuk dalam tim substansi sebagai peneliti dalam tim kemenangan AMIN.
Meski begitu, Mutiara tidak memegang posisi pimpinan.  Di sela-sela kesibukan-nya, Mutiara juga ikut berkeliling kampanye mendamping Anies Baswedan. Sebelumnya, saat debat pertama capres Pemilu 2024, Anies mengucapkan kalimat “Wakanda No More, Indonesia Forever” sebagai penutup debat.
Dia menyampaikan hal itu berkaitan dengan hak kebebasan berekspresi dan berbicara di negara demokrasi, Indonesia.   “Ketika kita berbicara dengan masa depan, kebebasan berpendapat akan dijamin. Kami tidak mengizinkan lagi situasi di mana orang takut. Maka dari itu, saya sampaikan, Wakanda No More, Indonesia Forever,” kata Anies. (Zs/Ops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini