spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Utang LN Indonesia Turun 4,1 Persen Menjadi US$396,8 Miliar!

KNews.id- Bank Indonesia (BI) melaporkan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada triwulan IV-2022 tetap terkendali. Posisi ULN Indonesia pada akhir triwulan IV-2022 tercatat sebesar US$396,8 miliar, atau mengalami kontraksi sebesar 4,1% yoy, melanjutkan kontraksi pada triwulan sebelumnya sebesar 6,7% yoy.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Erwin haryono mengungkapkan, kontraksi pertumbuhan ini terutama bersumber dari ULN Pemerintah dan sektor swasta. Perkembangan posisi ULN pada triwulan IV-2022 juga dipengaruhi oleh faktor perubahan akibat pelemahan mata uang dolar AS terhadap mayoritas mata uang global.

- Advertisement -

“ULN Pemerintah melanjutkan tren kontraksi pertumbuhan. Posisi ULN Pemerintah pada triwulan IV-2022 tercatat sebesar US$186,5 miliar, atau secara tahunan mengalami kontraksi sebesar 6,8% yoy, lebih rendah dibandingkan dengan kontraksi pada triwulan sebelumnya sebesar 11,3% yoy,” jelas Erwin dikutip Selasa, 14 Februari 2023.

Erwin menyatakan, perkembangan ULN tersebut didorong oleh peningkatan investasi portofolio di pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik seiring dengan sentimen positif kepercayaan pelaku pasar global yang tetap terjaga. Selain itu, terdapat penarikan neto pinjaman luar negeri yang digunakan untuk mendukung pembiayaan program dan proyek.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini