spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Ustaz Adi Hidayat Ungkap Amalan Doa Untuk Mereka yang Berkurban

KNews.id – Hari ini umat muslim di tanah air menjalankan Hari Raya Idul Adha. Dalam perayaan hari ini, juga identik dengan penyembelihan hewan kurban. Baik itu sapi, kambing, ataupun domba.

Nantinnya hewan yang disembelih akan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan di sekitar lingkungan mereka. Berbicara mengenai penyembelihan hewan kurban, mereka yang membeli hewan kurban untuk disembelih di Idul Adha hari ini, ada baiknya mengetahui hal ini.

- Advertisement -

Ustaz Adi Hidayat mengungkap bagi umat muslim yang ikut berkurban, untuk menanyakan prosesi penyembelihan hewan kurban mereka kepada panita penyelenggara. Sebab, sudah ada kewajiban bagi mereka yang berkurban untuk menyaksikan prosesi penyembelihan hewan kurban.

Saat prosesi penyembelihan kurban ini-lah bisa dimanfaatkan oleh mereka untuk berdoa. Adapun doa yang patut dibacakan saat prosesi penyembelihan hewan kurban ialah membaca doa iftitah.

Bacaan iftitah tersebut yakni

‘Inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samawati wal arh hanifam muslimaw wa ma ana minal musyrikin. Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin. La syarikalahu wabidzalika umirtu wa anaminal muslimin’.

- Advertisement -

“Misalnya bu kurbannnya ibu atau pak kurbannya bapak disembelih jam sekian ya. Maka di saat yang sama begitu disembelih di saat yang sama menghadap ke arah kiblat. Bacakan ini kalau biasa yang iftitahnya pakai yang wajjahtu tinggal tambahkan Inni wajjahtu itu lebih mudah sampai ujungnya,” kata Ustaz Adi Hidayat dikutip dari potongan video yang diunggah di akun TikTok @Anil Hijrah.

Setelah itu kata ustaz Adi Hidayat dipersilahkan untuk berdoa menghadap ke arah kiblat. Doanya pun singkat kata beliau, yang menyangkut untuk meminta diampuni dosa, meminta dilancarkan rezeki, meminta oleh Allah diberikan sisa hidup yang baik, meminta diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah.

“Minta itu, saya mohon sebesar-besarnya minta jangan dianggap ringan ya, mohon minta Itu setahun sekali itu ya. Untuk ini tolong minta ya. Jadi tanya kepada panitia di lapangan yang saya hari apa, jam berapa,” ujar beliau.

Setelah itu kata ustaz Adi Hidayat silahkan potong kuku. Jikalau yang laki-laki mau cukur kumis untuk dirapihkan silahkan.  “Silahkan sambil potong itu minta ampunan pada Allah SWT Misalnya Allahuma Firli atau Rabbi Firli ya boleh. Kalau mau dilekatkan dengan orang tua silahkan Robbi firli wali walidaya warhamhuma rabbana shagira. Boleh sambil potong kuku,” jelasnya.

(Zs/Viv)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini