spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Usai Purwakarta Diguncang Gempa, BPBD Pastikan Bendungan Jatiluhur Aman!

KNews.id- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta memastikan konstruksi Bendungan Ir H Djuanda atau Jatuluhur, masih kategori aman menyusul terjadinya gempa bumi manitudo 3,6. Kepastian itu didapat setelah BPBD berkoordinasi dengan pengelola bendungan.

“Jadi informasi yang kami terima konstruksi bendungan aman. Hal itu diketahui berdasarkan sistem peralatan pencatat percepatan gerak partikel batuan yang terdiri dari alat pencatat (sensor) dan alat perekam atau akselerograf di Bendungan Jatiluhur,” kata Kepala BPB Purwakarta, Yuddy Herdiana, Ahad (22/1).

- Advertisement -

Dia mengatakan, sensor pengukur percepatan gempa bumi, akan bekerja secara otomatis jika terpicu oleh gempa dengan intensitas tertentu.

“Laporan dari pengelola bendungan, nilai puncak akselerasi gempa tersebut masih jauh di bawah nilai gempa desain sebesar 0,15 g. Sebagai tindaklanjut guna memastikan keselamatan dan keamanan bendungan Ir H Djuanda, pengelola bendungan akan melaksanakan pengukuran instrumentasi pascagempa tersebut,” ujar Yuddy.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini