spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

UAH : Baca Setelah Sholat Tahajud, Insha Allah Bisa Mempercepat Rezky

KNews.id – Tahajud adalah shalat malam yang sangat dianjurkan. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT memerintahkan umatNya untuk bangun malam dan melaksanakan shalat tahajud.

Perintah tersebut tercantum dalam firman Allah SWT, Surah Al Isra ayat 79.

- Advertisement -

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Wa minal-laili fa tahajjad bihī nāfilatal lak(a), ‘asā ay yab‘aṡaka rabbuka maqāmam maḥmūdā(n).

- Advertisement -

Artinya: Pada sebagian malam lakukanlah shalat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Saat melaksanakan shalat tahajud, adalah surah atau ayat yang dianjurkan? Dalam sebuah ceramah, Ustaz Adi Hidayat membagikan surah dan ayat yang dianjurkan dibaca saat shalat tahajud. Salah satunya Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa keutamaannya adalah berpotensi mempercepat rezeki.

Surah apakah yang sebaiknya dibaca saat shalat tahajud? Berikut penjelasan Ustaz Adi Hidayat mengenai surah-surah yang dianjurkan dibaca saat shalat tahajud.  dari ceramah beliau di YouTube Adi Hidayat Official. Sebelum menjelaskan surah-surah yang dimaksud, Ustaz Adi Hidayat memberikan dua saran perihal bacaan saat shalat tahajud.

“Saya sarankan begini, kalau anda mau shalat apapun, terutama shalat tahajud, ada dua sifat,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Ayat-ayat yang Disarankan Dibaca Saat Tahajud, Ustaz Adi Hidayat Sebut Salah Satunya Berpotensi Mempercepat Rezeki (istockphoto) Saran pertama adalah bagi penghafal Al-Qur’an, bacalah surah atau ayat yang sedang dihafalkan pada hari itu dalam shalat tahajud.

“Sifat pertama, bagi penghafal Qur’an, saya sarankan jangan pernah tinggalkan tahajud,” ujar Ustaz Adi Hidayat. Bagi penghafal Al-Qur’an, Ustaz Adi Hidayat menyarankan untuk membaca surah-surah yang sedang dihafalkan. Lalu saran yang kedua, Ustaz Adi Hidayat menyarankan agar membaca surah atau ayat yang berkaitan dengan kebutuhan yang sedang ingin dimintakan kepada Allah.

“Bacalah ayat-ayat yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan Anda,” jelas Ustaz Adi Hidayat. Tak perlu khawatir jika belum hafal, kata Ustaz Adi Hidayat boleh shalat tahajud sambil memegang mushaf.

“Anda kalau dalam shalat malam itu ringan, boleh Anda pegang mushaf,” kata Ustaz Adi Hidayat. “Selama Anda tidak jadi imam, selama Anda shalat sendiri atau bermakmum pada orang lain itu boleh pegang mushaf,” terang Ustaz Adi Hidayat seraya menambahkan.

Dengan membaca surah-surah yang sesuai dengan kebutuhan ini menurut Ustaz Adi Hidayat akan membuat shalat tahajud menjadi lebih terasa manfaatnya dan dapat diresapi. “Kalau ingin dipercepat rezekinya baca Qur’an surah kedua ayat 172,” ungkap Ustaz Adi Hidayat.

Berikut bacaan lengkap ayat dari surah yang dianjurkan oleh Ustaz Adi Hidayat tersebut.

Al-Qur’an Surah ke-2 Ayat 172, Percepat Datangnya Rezeki

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْ وَاشْكُرُوْا لِلّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

Yā ayyuhal-lażīna āmanū kulū min ṭayyibāti mā razaqnākum wasykurū lillāhi in kuntum iyyāhu ta‘budūn(a).

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, makanlah apa-apa yang baik yang Kami anugerahkan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu benar-benar hanya menyembah kepada-Nya. (QS Al Baqarah ayat 172).

Al-Qur’an Surah ke-2 Ayat 233, Agar Ibu yang Merawat Anak Lancar Selain surah di atas, Ustaz Adi Hidayat juga membagikan surah lainnya bisa dibaca sesuai kebutuhan, “Ibu yang misalnya dalam fase merawat anak usia 2 tahun supaya lancar tenang baik dan sebagainya, bacanya Qur’an surah kedua ayat 233,” ujar Ustaz Adi Hidayat.

۞ وَالْوٰلِدٰتُ يُرْضِعْنَ اَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ اَرَادَ اَنْ يُّتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۗ وَعَلَى الْمَوْلُوْدِ لَهٗ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِۗ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ اِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَا تُضَاۤرَّ وَالِدَةٌ ۢبِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُوْدٌ لَّهٗ بِوَلَدِهٖ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذٰلِكَ ۚ فَاِنْ اَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا ۗوَاِنْ اَرَدْتُّمْ اَنْ تَسْتَرْضِعُوْٓا اَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اِذَا سَلَّمْتُمْ مَّآ اٰتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوْفِۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

Wal-wālidātu yurḍi‘na aulādahunna ḥaulaini kāmilaini liman arāda ay yutimmar-raḍā‘ah(ta), wa ‘alal-maulūdi lahū rizquhunna wa kiswatuhunna bil-ma‘rūf(i), lā tukallafu nafsun illā wus‘ahā, lā tuḍārra wālidatum biwaladihā wa lā maulūdul lahū biwaladihī wa ‘alal-wāriṡi miṡlu żālik(a), fa’in arādā fiṣālan ‘an tarāḍim minhumā wa tasyāwurin falā junāḥa ‘alaihimā, wa in arattum an tastarḍi‘ū aulādakum falā junāḥa ‘alaikum iżā sallamtum mā ātaitum bil-ma‘rūf(i), wattaqullāha wa‘lamū annallāha bimā ta‘malūna baṣīr(un).

Artinya: Ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Kewajiban ayah menanggung makan dan pakaian mereka dengan cara yang patut. Seseorang tidak dibebani, kecuali sesuai dengan kemampuannya. Janganlah seorang ibu dibuat menderita karena anaknya dan jangan pula ayahnya dibuat menderita karena anaknya. Ahli waris pun seperti itu pula. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) berdasarkan persetujuan dan musyawarah antara keduanya, tidak ada dosa atas keduanya. Apabila kamu ingin menyusukan anakmu (kepada orang lain), tidak ada dosa bagimu jika kamu memberikan pembayaran dengan cara yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Baqarah Ayat 233).

Qur’an Surah ke-7 Ayat 96, Percepat Datangnya Berkah Bahkan ada juga surah yang bila dibacakan saat shalat tahajud maka keberkahan rezeki akan semakin cepat datangnya.

“Kalau ingin lebih cepat lagi keberkahannya baca Qur’an surah 7 ayat 96,” kata Ustaz Adi Hidayat.

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

Wa lau anna ahlal-qurā āmanū wattaqau lafataḥnā ‘alaihim barakātim minas-samā’i wal ardḍi wa lākin każżabū fa akhażnāhum bimā kānū yaksibūn(a). Artinya: Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, niscaya Kami akan membukakan untuk mereka berbagai keberkahan dari langit dan bumi. Akan tetapi, mereka mendustakan (para rasul dan ayat-ayat Kami).

Maka, Kami menyiksa mereka disebabkan oleh apa yang selalu mereka kerjakan. (QS. Al A’Raf Ayat 96) Maka silahkan amalkan surah ini dalam shalat tahajud sembari menanamkan keyakinan kuat terhadap Allah Yang Maha Pemberi Rezeki.

Namun, sebagai pengingat, semua amalan yang dilakukan haruslah diawali dengan permohonan yang tulus kepada Allah SWT. Selain itu juga harus disertai dengan usaha yang maksimal. Itulah surah-surah yang dianjurkan dibaca saat shalat tahajud dan dapat salah satunya dapat membuat rezeki mengalir. Disarankan bertanya langsung kepada Ulama, Pendakwah atau Ahli Agama Islam agar mendapatkan pemahaman yang lebih dalam. Wallahua’lam. ( Zs/Tv.1)

 

 

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini