spot_img
Selasa, Mei 7, 2024
spot_img

Tujuh Cara Membersihkan Lendir di Tenggorokan dan Paru-paru Secara Alami

Ditulis dari laman Healthline, ada berbagai macam penyebab produksi lendir berlebih, baik dari faktor lingkungan, infeksi virus, ataupun penggunaan obat-obatan tertentu. Ditambah dengan pecandu rokok yang setiap tahun meningkat, membuat penyakit fatal tersebut kian sering dirasakan oleh beberapa orang.

Lendir atau dahak berlebih harus dihilangkan agar tidak menyebabkan komplikasi. Perawatannya terbilang mudah untuk dilakukan di rumah. Dikutip dari Health Sloth, berikut cara yang bisa dipilih oleh masyarakat:

- Advertisement -

1. Minum Rebusan Jahe
Jahe mengandung senyawa antiinflamasi untuk mengurangi radang tenggorokan dan melegakan sistem pernapasan. Dikutip dari NDTV, sifatnya yang antivirus dan antibakteri membuat jahe sering digunakan merangsang pembuangan lendir berlebih di paru-paru. Biar lebih khasiatnya tersebut lebih efektif, minumlah air rebusan jahe setidaknya dua kali sehari.

2. Cukupi Kebutuhan Mineral
Dengan tetap terhidrasi, seseorang dapat mempermudah penguraian dahak berlebih di saluran udara. Sebab, dehidrasi menyebabkan tekstur lendir jadi lebih kental sehingga sulit untuk dikeluarkan.

- Advertisement -

3. Teh Herbal
Pengenceran dahak paling baik diobati dengan teh peppermint. Jenis teh ini memiliki manfaat ekspektoran, antiradang, dan antioksidan. Khasiatnya tersebut jadi bukti nyata untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

4. Bawang Putih
Dikarenakan kandungan antimikroba yang tinggi, bawang putih dipercaya membantu melawan infeksi virus, jamur, dan bakteri, penyebab kelenjar pernapasan menghasilkan lebih banyak dahak. Mengunyah bawang putih mentah yang telah dibersihkan setiap pagi akan meredakan kondisi tersebut.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini