spot_img
Minggu, Mei 26, 2024
spot_img

Top Sebanyak 20 Bank di Korsel: Kookmin Bank Nomor Satu, Hanya Ada Dua Bank Asing

Raksasa-raksasa perbankan di Korsel pun sudah mencari sumber pertumbuhan masa depan dengan merambah pasar negara lain. Sebut saja KB Kookmin Bank, bank terbesar di Korsel yang bernaung di bawah bendera KB Financial Group (KBFG), grup usaha beraset lebih dari US$560,1 miliar dengan 13 business line seperti perbankan, sekuritas, asuransi, kartu, asset management, real estate trust, investasi, sistem data, hingga biro kredit.

KBFG sudah memperluas sayap bisnisnya di 14 negara. Di Indonesia, KBFG sudah memiliki KB Bukopin, Sunindo Kookmin Best Finance, Financia Multi Finance, Valbury sekuritas, KB Insurance, dan teknologi data. Tahun ini, KBFG akan melengkapi ekosistem bisnis dengan mengakuisisi asset management dan perusahaan asuransi jiwa tahun ini. Dalam global business roadmapnya, kontribusi profit usaha KBFG di luar Korsel diproyeksikan akan terus meningkat, dari 3,2% pada 2020, menjadi 10% pada 2023, menjadi 20% pada 2024-2026, dan 30% pada 2027-2030.

- Advertisement -

Para pemain utama lain seperti KEB Hana Bank, Shinhan Bank, Woori Bank, dan Industrial Bank Korea, juga sudah menggarap pasar perbankan Indonesia, bahkan sebelum KB Kookmin Bank masuk ke Bank Bukopin pada 2018 lalu menambah kepemilikannya menjadi 67% pada 2020, mereka sudah lama hadir duluan. Bank KEB Indonesia sudah masuk pada 1968 dan Bank Woori Indonesia yang datang pada 1995.

Jika semula sangat konservatif dan fokus menggarap pasar khusus, terutama pelaku usaha asal Korea di Indonesia, 10 tahun terakhir bank-bank asal Korea berusaha bergerak lebih cepat dengan menggarap pasar ritel. Masuknya HanaBank yang mengakuisisi Bank Bintang Manunggal pada 2007, Bank Woori Indonesia menguasai 33% saham Bank Saudara pada 2014, Shinhan Bank yang menelan Bank Metro Express, APRO Financial yang mengambil alih Bank Dinar pada 2016 yang kemudian diubah menjadi Bank Oke Indonesia, serta Industrial Bank of Korea yang menguasai saham Bank Agris yang merger dengan Bank Mitra Niaga kemudian menjadi Bank IBK Indonesia.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini