spot_img
Jumat, Februari 23, 2024
spot_img

TKN Klaim Program Makan Siang dan Susu Gratis Akan Dibeli dari Warung UMKM di Daerah

KNews.id – Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Pink Fanta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Suci Suaeb Saenong mengklaim, program makan siang dan susu gratis yang dibawa Prabowo-Gibran bisa membuat warung-warung di daerah laku. Sebab, bahan-bahan makanan dan susunya akan dibeli dari UMKM di masing-masing daerah. “Sangat berdampak, karena itu produk lokal dan akan dibeli, susu, telur, itu dibeli dari UMKM di daerah tersebut. Pasti warung-warung laku, dan itu yang sangat terbantu di daerah,” ujar Suci dalam keterangannya.

Selain itu, kata Suci, dengan program makan siang dan susu gratis ini, kesehatan masyarakat juga terjamin.

- Advertisement -

Dia menilai pencegahan stunting harus dilakukan kepada ibu hamil dan anak-anak sekolah. Menurut Suci, kesuksesan Indonesia dalam menyiapkan generasi emas berada di tangan perempuan. Pasalnya, dari rahim perempuan lah anak-anak menerima pendidikan pertamanya. Suci lantas mengajak para perempuan untuk memilih Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 karena memiliki program kerja yang pro kepentingan perempuan.

“Kita tahu pemilih perempuan lebih besar dibanding pemilih laki-laki di Indonesia, ya. Program-program untuk mendukung perempuan itu juga adalah di paslon nomor 2. Inilah yang kita tegaskan kepada perempuan-perempuan di Indonesia bahwa pilih calon yang mengutamakan perempuan,” tuturnya. Sementara itu, Suci menyebut pencegahan stunting yang belum maksimal menjadi kekurangan Indonesia.

- Advertisement -

Sebelumnya, anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Hashim Djojohadikusumo, menyebut biaya program makan siang gratis untuk anak-anak akan mencapai Rp 450 triliun per tahun. Nantinya, progam makan siang itu akan ditujukan bagi 82,9 juta anak-anak, termasuk yang masih belum sekolah.

“Tiap hari nih kita akan berikan makanan gratis untuk 82,9 juta jiwa minimal, minimal, dan saya bisa katakan bahwa dana untuk ini, program ini akan memakan dana 450 triliun rupiah setiap tahun,” kata Hashim di acara Konsolidasi Pasukan Digital Menangkan Prabowo-Gibran di The Dharmawangsa Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Hashim juga memastikan dana program makan siang gratis tidak akan mengambil dana dari anggaran program bantuan sosial (bansos). Menurut Hashim, dana program makan siang gratis akan menggunakan anggaran baru. “Saya bisa katakan karena saya ikut tim pakar, dana ada dan bakal ada, dan ini bukan dari anggaran bansos, aliran bansos. Yang 500 triliun tahun depan itu tetap bansos, kita tidak akan ambil uang bansos untuk ini,” tegas dia.

Selain itu, Adik dari Prabowo Subianto ini juga mengatakan jumlah anggaran program makan siang gratis lebih besar dari anggaran pertahanan. “Pak Prabowo menganggap ini sangat penting sekali, begitu penting, dana ini tiga kali anggaran pertahanan dan TNI setiap tahun, tiga kali lebih anggaran TNI dan pertahanan 137 triliun dan program untuk makanan gratis 450 triliun,” kata dia.
(Zs/Kmps)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita