spot_img
Jumat, April 12, 2024
spot_img

Tikungan Akhir AHY: 80% Cawapres Anies tapi Merapat ke PDIP

KNews.id- Teka-teki soal siapa bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan masih terus menjadi topik menarik untuk dibahas.

Baru-baru ini Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Demokrat, Benny K Harman mengungkap kemungkinan ketua umum partainya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal menjadi cawapres mendampingi Anies Baswedan. Meski belum ada kepastian 100%, dia menilai potensi AHY untuk mendampingi Anies sangat besar.

- Advertisement -

“Mudah-mudahan. Ya, 80 persen lah,” kata Benny saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari detik.com, Senin (12/6/2023).

Meski demikian, pernyataan Waketum Demokrat ini kontradiktif dengan rencana pertemuan AHY dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Sebab, seperti diketahui, hingga saat ini PDIP juga belum mengumumkan siapa cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo.

- Advertisement -

Saat membuka Rakerda PDIP DI Yogyakarta pada Minggu (11/6/2023), Puan menyinggung soal kemungkinan berkoalisi dengan partai yang menaungi AHY, Partai Demokrat. Meski begitu, Puan tidak menyebutkan secara perinci kapan akan bertemu dengan pimpinan Partai Demokrat tersebut.

“Ya, kita lihat dulu. Nanti ketemu dulu, ngobrol-ngobrol dulu dilihat apakah kita punya kesamaan maksud dan tujuan untuk membangun Indonesia ke depan,” katanya.

- Advertisement -

Puan sebelumnya juga menyebut nama-nama yang dinilai memenuhi kriteria sebagai bakal cawapres mendampingi Ganjar Pranowo, termasuk AHY. Ia menegaskan semua nama tersebut masuk kriteria Bacawapres PDIP.

“Dari nama-nama semua yang waktu itu saya sampaikan, saya sebutkan semuanya masuk kriteria untuk menjadi bacawapres PDIP Perjuangan. Tentunya punya kelebihan masing-masing yang mana sampai saat ini masih kami cermati,” jelasnya.

Anies sudah kantongi nama cawapres
Sementara itu, juru bicara bakal capres Anies Baswedan, Sudirman Said, mengatakan Anies sudah selesai memilih siapa bakal cawapresnya. Anies, katanya, menunggu hari baik untuk mengumumkannya.

“Saat ini proses memilah dan memilih sudah selesai. Tinggal tunggu hari baik bagi Pak Anies untuk memutuskan dan mengumumkan,” ujar Sudirman kepada wartawan, Sabtu (10/6/2023).Dia mengatakan tak ada satu pun pihak yang memaksa Anies dalam penentuan bakal cawapres. Dia mengatakan baik Nasdem, PKS, dan Demokrat sama-sama telah mengusulkan nama kepada Anies.

“Tidak ada satu pun pihak yang memaksakan. Semua mendapat kesempatan mengusulkan nama. Partai NasDem mengusulkan beberapa nama, PKS mengusulkan beberapa figur baik kader maupun nonkader. Begitupun Partai Demokrat menyodorkan sejumlah tokoh, baik internal maupun eksternal Partai,” ucapnya. (RZ/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini