spot_img
Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Tiga Hak Anak yang Harus Dipenuhi Orang Tua

KNews.id – Tiga hak anak yang harus dipenuhi oleh orang tua yaitu memberikan nama yang baik ketika anak itu lahir, mengajari kitab yang Allah turunkan (Al Qur’an) ketika anak itu mulai bisa menggunakan akalnya, dan mengawinkan anak-anaknya ketika beranjak dewasa.

Demikian khutbah Jumat yang akan disampaikan oleh Tgk Tahiyat Mubarak, pengajar pada Dayah Darul Aman Lubok, di Masjid Baitul Halim Sibreh Kecamatan Sukamakmur Aceh, bertepatan dengan 23 Dzulqa’dah 1445 H.

- Advertisement -

“Tiga hal ini patut diingat oleh kaum muslimin, agar selamat dunia akhirat,” sebut Tgk Tahiyat.

Dalam riwayat lain disebutkan, dari Umar radhiyallahu anhu, bahwasanya ada seseorang datang kepadanya dengan membawa anaknya, kemudian ia berkata.

- Advertisement -

“Wahai Amirul Mukminin, anakku ini durhaka kepadaku.” Umar ra. berkata kepada anak itu, “Apakah kamu tidak takut kepada Allah, di mana kamu berani durhaka kepada ayahmu.”.

“Di antara hak orang tua itu adalah begini dan di antara hak anak adalah begini.”

- Advertisement -

Lantas anak itu bertanya: “Wahai Amirul Mukminin, apakah anak itu mempunyai hak yang harus dilaksanakan oleh ayahnya?”.

Umar menjawab, “Ya, haknya, yaitu hendaknya ayahnya memilihkan ibu yang terhormat, artinya ayahnya tidak kawin dengan perempuan yang hina supaya anaknya tidak merasa tercela karena ibunya.

Tgk Tahiyat menegaskan, hendaknya ayahmu memberikan nama yang bagus dan hendaknya ayahmu mengajarinya Al-Qur’an.

“Anak itu berkata, “Demi Allah, ayahku tidaklah memilihkan ibu yang terhormat untukku, ia membeli budak perempuan dengan harga 400 dirham,”

“Ia tidak memberikan nama yang baik untukku, ia memberikan nama kelelawar jantan kepadaku. Dan ia tidak mengajariku satu ayat pun dari Al-Qur’an.”

Kemudian Umar menoleh kepada ayahnya itu seraya berkata. “Kamu mengatakan bahwa anak ini durhaka kepadamu, padahal kamu telah durhaka kepadanya sebelum ia durhaka kepadamu. Pergilah kamu dari sini.”

“Demikian nasihat singkat yang memberi hikmah kepada kita sebagai ayah, agar tidak menyia-nyiakan kehidupan sang anak,” pungkas Tgk Tahiyat

(Zs/Trbn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini