spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

Tidak Sholat tapi Sering Sedekah, Benarkah Tidak Diterima?

KNews.id – Jakarta, Sering kita mendengar di masyarakat ada orang gemar sedekah namun ia tidak sholat. Masyarakat yang mengetahui hal tersebut serta merta mengatakjan jika sedekahnya tidak diterima, lantaran ia tak sholat.

Buya Yahya memberikan penjelasan terperinci terkait hal ini. Dalam sebuah video yang diunggah oleh kanal YouTube @Al-Bahjah TV. Pemahaman yang keliru tentang hubungan antara sedekah dan sholat seringkali muncul dalam diskusi keagamaan.

- Advertisement -

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah orang yang rajin bersedekah tapi jarang sholat akan diterima sedekahnya oleh Allah SWT? Buya Yahya menyatakan bahwa sedekah seseorang tetap akan diterima oleh Allah SWT meskipun ia tidak terlalu rajin dalam menjalankan sholat.

Ini Penjelasan Buya Yahya

Menurut Buya Yahya, ungkapan yang menyatakan bahwa sedekah tidak akan diterima jika seseorang tidak menjalankan sholat adalah tidak benar.

- Advertisement -

Ia menegaskan bahwa hubungan antara sedekah dan sholat tidaklah demikian sederhana. Bahkan, Buya Yahya mengungkapkan bahwa ia memiliki prasangka baik terhadap orang yang rajin bersedekah, yaitu bahwa mereka akan menjadi lebih tekun dalam menjalankan sholat seiring dengan meningkatnya kegiatan sedekah yang mereka lakukan.

Selain itu, Buya Yahya menyampaikan bahwa sholat itu sebenarnya mudah dilakukan. Beliau menekankan bahwa sholat dapat dilakukan di mana saja dan tidak memerlukan persyaratan khusus seperti mukenah atau sajadah.

- Advertisement -

Hal ini menunjukkan bahwa Allah SWT menerima sholat dari siapa saja yang melakukannya dengan sungguh-sungguh, tanpa terikat pada peraturan-peraturan tertentu.

Dengan Sedekah Orang akan Memperbaiki Ibadahnya dengan Sendirinya

Sebagai contoh, Buya Yahya menyebutkan bahwa seseorang yang banyak bersedekah namun belum menutup auratnya, diharapkan bahwa dengan terus melakukan sedekah, dia akan lebih mudah untuk memperbaiki kualitas ibadahnya, termasuk dalam hal menutup aurat.

Buya Yahya juga menyoroti kesalahan pemahaman tentang sholat yang sering kali membuat banyak orang meninggalkan kewajiban tersebut. Menurutnya, banyak orang tidak menjalankan sholat bukan karena mereka menantang Allah, melainkan karena mereka belum memahami betapa mudahnya untuk melaksanakan sholat.

Dengan penjelasan ini, Buya Yahya mengajak umat Islam untuk lebih memahami pentingnya kedua ibadah tersebut, serta untuk tidak menilai seseorang berdasarkan kekurangan yang mereka miliki dalam menjalankan satu ibadah tertentu.

“Jadi banyak orang meninggalkan sholat bukan karena menantang Allah, akan tetapi karena belum mengerti bagaimana cara sholat yang mudah,” sebut Buya Yahya.

(Zs/Lptn6)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini