spot_img
Rabu, Mei 8, 2024
spot_img

Teten Harap Penerus Jokowi Bakal Perhatian ke UMKM

KNews.id – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki berharap presiden yang terpilih dalam Pilpres 2024 bakal perhatian terhadap perkembangan industri UMKM.
Menurut Teten, UMKM berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi negara, salah satunya menyediakan 97 persen lapangan pekerjaan.

“Kita berharap pemerintah yang akan datang atau di dalam kontestasi menuju pemerintahan yang akan datang, UMKM mestinya mendapatkan perhatian dari pada calon presiden,” katanya dalam konferensi pers di Gedung SMESCO, Jakarta.

- Advertisement -

“Pengarusutamaan ekonomi rakyat dalam perekonomian nasional menjadi sangat penting adanya komitmen politik dari pemimpin,” imbuhnya.

Teten mengatakan saat ini UMKM masih mengalami sejumlah tantangan, termasuk soal pendanaan. UMKMyang mendominasi perekonomian justru jarang menerima kredit dari perbankan. Kondisi itu, katanya, merupakan paradoks.

- Advertisement -

“Ada paradoks ekonomi Indonesia, di mana ekonomi Indonesia didominasi UMKM, 97 persen lapangan kerja disediakan oleh UMKM, tapi pembiayaan perbankan lebih banyak ke korporasi. Hanya 21 persen (pembiayaan ke UMKM) sekarang. Jadi (saya heran) tidak ada yang menganggap ini suatu masalah, suatu paradoks,” ungkap Teten.

Teten mengatakan kesulitan mendapatkan kredit dari perbankan membuat UMKM beralih dengan meminjam ke rentenir dan fintech P2P lending.

- Advertisement -

“Faktor terutama (UMKM sulit dapat pinjaman) karena agunan. UMKM soal (pembayaran) bunga itu tidak masalah yang penting mudah (dapat pinjaman). (Makanya) Mereka pindah ke fintech (jumlahnya) tinggi, ke rentenir tinggi, (bagi mereka) tidak masalah yang penting sekarang kemudahannya (mendapat pinjaman),” ungkap Teten.  (Zs/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini