spot_img
Sabtu, Februari 24, 2024
spot_img

Testimoni Rizal Ramli

Oleh : Sutoyo Abadi 

Rekaman Sutoyo Abadi 

- Advertisement -

KNews.id – Begitu info “Guru Bangsa” kembali dipanggil oleh Allah SWT, semua terkejut dan merasa kehilangan seorang intelektual yang jujur dan selama ini terus menyertai perjuangan untuk kepentingan rakyat.

Testimoni tentang Prof Rizal Ramli langsung muncul dari para tokoh pejuang kebenaran, keadilan dan aktifis perjuangan yang mengenal betul siapa Beliau yang mendahului kita Lembak ke alam baka, antara lain :

- Advertisement -

“Dia (Rizal Ramli) berbakat dan pintar, diakui oleh banyak dosen, mempunyai visi atau hobi di bidang ekonomi. Boleh dikatakan keseluruhan analisis ekonomi di buku putih itu dibuat oleh Rizal Ramli. ( Adnan Buyung Nasution – dalam Buku Menabur Benih Reformasi, 2004)

“Bang Rizal, terima kasih sudah konsisten memperjuangkan keadilan di tanah ini.” ( Anies Baswedan- SinPo.id, 5 Agustus 2022)

“Rizal adalah seorang yang punya pengetahuan ekonomi, cukup kritis, punya latar belakang sebagai aktivis, punya kemampuan untuk mengorganisasi sebuah lembaga.” ( Arief Budiman -Koran Kompas, 13 September 2000)

“Saya lebih senang tim ekonomi di bawah Rizal Ramli (Menko Perekonomian). Karena mereka ini lebih aktif. Action-oriented. Mereka itu salesmanship-nya juga ada. Maka kita lihat tim ekonomi yang baru ini cepat sekali geraknya.” ( Darmin Nasution- dalam Buku Gus Dur di Istana Rakyat, 2000)

“Kalau dia (Rizal Ramli) anggap ada yang kurang tepat, dia kemukakan terus terang sebagaimana agar Indonesia terus berkembang tanpa korupsi, tanpa ketidakadilan.” ( Emil Salim – KOMPAS.com, 18 September 2015)

“Rizal ini orangnya sopan dan mau belajar. Saya ingat, dua hari setelah menjadi Kepala Bulog, dia datang ke kantor saya, mau belajar dan terbukti sukses memimpin Bulog. Rizal juga tokoh yang terlibat dalam proses reformasi. Banyak yang segan dan hormat pada dia.” ( HS Dillon – Okezone.com, 6 Juli 2015)

“Apabila Menko Maritim Rizal Ramlim konsisten dengan sikapnya menolak proyek listrik bertenaga batu baru 35 ribu megawatt, ia layak jadi climate champion.” ( IGG Maha Adi- Koran Tempo, 16 September 2015)

“Saya ingat bagaimana Gus Dur memperkenalkan Rizal Ramli kepada saya. ‘Ini satu lagi orang gila seperti Mas Jaya dan saya’… Sudah terbukti benar-benar gila dalam arti positif dan konstruktif jurus politik ekonominya, juga gila dalam jurus ngepret siapa saja yang berani melakukan korupsi atau mengkhianati rakyat.” ( Jaya Suprana~ (rmoil.id, 8 November 2020)

“Figur yang berani memutuskan, berani mengambil risiko, tipikal petarung.” (Joko Widodo- Koran Tempo, 14 Agustus 2015)

“Kepada Menko Perekonomian Rizal Ramli, tampaknya Anda tidak mempunyai musuh dari kalangan konglomerat hitam… Pakailah kesempatan ini untuk bekerja keras dengan penuh ketenangan.” ( Kwik Kian Gie- Koran Kompas, 29 Agustus 2000)

“Harus saya akui kimia kegalakan Gus Dur dan Rizal Ramli terhadap korupsi sama kerasnya, ‘Koruptor jangan diberi hati, sikat.” ( Mahfud MD- Tribun News & Twitter, 27 Desember 2018)

“Inisiatif Rizal Ramli dalam memimpin dan memberi arah terhadap tim ekuin baru jelas merupakan hal yang sudah lama dinantikan, baik oleh rakyat maupun pasar… Peranan Rizal Ramli tampak sangat dominan.” ( Revrisond Baswir~ Koran Kompas, 7 September 2000)

“Perjuangan (gugat presidential threshold 20%) yang muskil, jauh dari kemungkinan menang dengan kata lain akan sia-sia pada situasi politik, elite, masyarakat saat ini, tapi apa yang Pak RR perjuangkan sepantasnya diapresiasi.” ( Susi Pudjiastuti -Twitter, 21 September 2020)

“Kami sudah berteman sejak lama. Rizal teman baik saya.” ( Xanana Gusmao -Tempo.co, 23 Agustus 2015)

“Didepan para Gubes di Jogjakarta P. Rizal Ramli memberikan pencerahannya tentang terjadinya penggantian UUD 45 menjadi UUD 2002 yang telah membawa petaka” ( Sutoyo Abadi – Pondok Gajah 28 Januari 2923 Yogyakarta )

Testimoni lain dipastikan akan terus bermunculan, sebuah realitas dan pengakuan masyarakat luas Prof Rizal Ramli sebagai pencerah dan guru bangsa . (Zs/NRS)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini