spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Terungkap! IKN Tak Bebas dari Gempa, Ada Sesar Mengerikan Ini…

KNews.id-  Gempa dengan kekuatan sedang Magnitudo 4,6 mengguncang di Kalimantan Timur. Lokasinya 97 km barat laut, Kutai Barat Kalimantan Timur, berdekatan dengan lokasi proyek Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) Nusantara.

“#Gempa Mag:4.6, 20-Jun-2023 12:43:37WIB, Lok:0.29LU, 115.31BT (97 km BaratLaut KUTAIBARAT-KALTIM), Kedlmn:10 Km #BMKG,” tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika BMKG pada Selasa (20/6/2023).

- Advertisement -

Seperti diketahui IKN berada kabupaten di Kalimantan Timur, yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

ang. Misalnya pada Kamis (16/7/2020) wilayah Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, diguncang gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4. Hal ini terkait aktivitas Sesar Mangkalihat yang masih aktif.

- Advertisement -

BMKG pernah memperingatkan potensi gempa besar di Kalimantan akibat pergeseran sesar Mangkulihat.

Sesar Mangkalihat itu memiliki magnitudo tertarget mencapai M 7,0 dengan laju pergeseran 0,5 milimeter per tahun. Hal ini juga berdasarkan hasil kajian Pusat Studi Gempa Nasional (PUSGEN) tahun 2017.

- Advertisement -

IV MMI, wilayah Samarinda dengan intensitas V MMI, sementara untuk daerah yang dekat dengan sumber gempa dapat terdampak guncangan mencapai skala intensitas VII-VIII MMI. Artinya, berpotensi terjadi kerusakan tingkat sedang hingga berat.

Ternyata ancaman lokasi ibu kota tak hanya dari Sesar Mangkalihat. Secara geologi dan tektonik, provinsi Kalimantan Timur terdapat tiga struktur sesar sumber gempa di antaranya Sesar Maratua, Sesar Mangkalihat, dan Sesar Paternos(er.)FHD/cnbc)

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini