spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Terungkap! 4 Pengusaha Kakap RI Pilih Capres Ini

KNews.id –Kalangan pengusaha dalam negeri berharap presiden selanjutnya yang terpilih dari Pemilu 2024 merupakan orang yang paham ekonomi. Pengusaha senior Sofjan Wanandi menilai penentuan wakil presiden juga tidak kalah penting. Ia menyebut calon presiden yang ada tidak mengerti banyak mengenai ekonomi.

“Melihat dari 3 calon yang menjadi top dari semua survei itu saya lihat sebagian besar bukan orang yang mengerti ekonomi betul. Apapun kita harapkan nanti presidennya itu adalah wakil presidennya orang yang mengerti ekonomi karena challenge kita 5 tahun ke depan pengusaha adalah ekonomi,” kata Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) itu seperti ditulis Selasa (19/6/2023).

- Advertisement -

“Apa yang diharapkan sama kita pengusaha itu betul-betul bisa membawa ekonomi kita lebih baik karena masalah kita saya lihat sangat sulit menghadapi masalah global dan dalam negeri kita sendiri. Kita tahu komoditas banyak yang turun, belum lagi ada ancaman el nino,” sebutnya.

Berikutnya ada Mantan Ketua Umum Apindo Hariyadi B Sukamdani. Hariyadi lebih suka menilai capres dari rekam jejaknya.

- Advertisement -

“Kalau kita di sektor riil, pengusaha itu sebetulnya masalah rekam jejak kinerja itu penting gitu loh. Tapi kan ini kita nggak bisa ngomong, orang semuanya hampir sama kok. Sehingga kita kalau ditanya mana yang terbaik dari mereka, kita agak susah bicara,” timpalnya.

Sedangkan Ketua umum Apindo yang baru Shinta W Kamdani berharap calon presiden mengerti permasalahan ekonomi ke depan.

- Advertisement -

“Jadi yang dilakukan Apindo adalah memastikan bahwa masukan-masukan yang disampaikan ini akan masuk program ekonomi dari calon, sehingga nantinya siapapun yang terpilih akan mengusungkan masukan-masukan dari pengusaha. Jadi kita tidak ikut serta siapa itu pemimpinnya, tetapi persoalan ekonomi ini harus dikawal,” ujar Shinta

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Juan Permata Adoe mengatakan, Kadin akan mendukung calon presiden (capres) yang pro pada bisnis.

“Presidennya, kalau Kadin, menyesuaikan yang pro bisnis. Semuanya (tiga nama yang disebut-sebut bakal bersaing saat Pemilu 2024) pro bisnis,” kata Juan saat ditemui di sela-sela acara Halalbihalal di lingkungan Kemendag, Kamis (4/5/2023).

Dia menjelaskan, pro pada bisnis berarti Presiden RI berikutnya harus peka pada pertumbuhan ekonomi. Termasuk, mempertahankan kinerja bagus dan kesuksesan selama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Mempertahankan apa yang sudah jadi, melanjutkan yang sudah sukses. Seumur-umur mana pernah kita bangun tol lalu Ibu Kota Nusantara juga bagus. Bayangkan, teorinya adalah menambah kegiatan ekonomi di Kalimantan. Keren bos,” kata Juan. (Zs/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini