spot_img
Selasa, Mei 14, 2024
spot_img

Ternyata Segini Potongan Driver Grab 2023

KNews.id –  Potongan driver Grab 2023 menarik untuk diulas. Terutama bagi orang yang hendak memulai kemitraan. Sehingga hal ini bisa menjadi pertimbangan lain sebelum seseorang benar-benar akan memilih menjadi mitranya Grab.

Melansir dari laman resmi Grab, potongan driver grab 2023 adalah setara 20% dari nilai tarif tiap orderan yang didapat driver. Ini merupakan bagian dari ketentuan komisi antara mitra dan perusahaan yang penting diketahui terutama bagi driver baru.

- Advertisement -

Sebagai contoh jika driver mendapat orderan dengan tarif Rp15.000, maka sistem Grab akan secara otomatis memotong 20% dari tarif tersebut (Rp3.000) melalui dompet kredit driver.

Artinya alih-alih driver menerima tarif yang sudah dipotong yakni Rp12.000 (15.000-3000), yang langsung masuk ke ‘dompet tunai’. Driver akan tetap mendapat nominal tarif penuh Rp15.000 namun ‘dompet kredit’-nya lah yang terpotong dari 20% tarif tersebut.

- Advertisement -

Lantas bagaimana jika ada penumpang Grab yang membayar dengan uang tunai? Grab tetap akan menarik secara otomatis saldo dompet kredit driver berdasar 20% tarif orderan terakhir. Itu menjelaskan alasan selanjutnya mengapa Grab memberi ketentuan pada drivernya untuk mempertahankan jumlah saldo dompet kredit minimum sebesar Rp200.000 di e-walletnya.

Adapun ketentuan Grab yang ini juga sampai ke taraf membatasi drivernya menggunakan sejumlah layanan, jika dompet kreditnya tidak memenuhi anjuran saldo minimum senilai Rp200 ribu. Layanan apa yang dibatasi tidak disebutkan. Selain itu, tampaknya sudah cukup jelas di sini bahwa Grab setidaknya membuat 2 bagian khusus untuk saldo mitra drivernya, dompet tunai & dompet kredit.

- Advertisement -
Dompet tunai untuk dana likuid yang sewaktu-waktu bisa dicairkan atau digunakan untuk keperluan transaksi apapun. Sedangkan dompet kredit sifatnya untuk membayar potongan-potongan komisi antara mitra driver dan perusahaan Grab.

Itu jika membahas potongan driver. Akan berbeda lagi jika bahasannya potongan mitra yang menggunakan layanan GrabFood. Sistem pembayaran layanan GrabFood adalah bagi hasil. Tagihan yang perlu dibayarkan adalah sebesar 30% (belum termasuk PPN) dari hasil kumulatif penjualan selama 1 hari.

Skema bagi hasilnya digambarkan seperti ini, misal dalam satu hari Anda menerima pesanan sejumlah Rp200.000, maka 30%nya menjadi milik Grab yaitu sekitar Rp60.000. Lantas Rp140.000 sisanya akan Anda terima sebagai laba yang berasal dari penjualan di aplikasi layanan GrabFood.

Kesimpulannya, potongan Grab kepada mitra drivernya adalah sebesar 20% atau 8 banding 2 yang dihitung per orderan. Sedangkan bagi mitra tempat makan/GrabFood adalah sebesar 30% dengan perhitungan kumulatif penghasilan dalam satu hari dan belum termasuk PPN. (Zs/OF)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini