KNews.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) lewat anak usahanya Telkomsat konsisten berupaya mewujudkan pemerataan konektivitas digital hingga ke pelosok Indonesia dengan menghadirkan konektivitas digital hingga ke daerah Indonesia Timur.
Sekadar informasi, Telkomsat menyediakan layanan konektivitas berkecepatan tinggi dengan akses download hingga 180 Mbps dan upload sampai 20 Mbps per 1 terminal ini yang diperuntukkan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), badan usaha, layanan kesehatan, dan pemerintahan terutama di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Indonesia Timur.
Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf menyampaikan, saat ini terdapat sekitar 40 ISP lokal yang telah bekerjasama dengan Telkomsat untuk layanan MangoStar dan 50 persen di antaranya berada di kawasan timur Indonesia.
“Telkomsat menargetkan setidaknya ada 1.000 lokasi yang dikelola oleh UMKM dan ISP-ISP lokal di kawasan timur Indonesia. Dari 1 titik tersebut para UMKM dan ISP lokal dapat melayani puluhan hingga ratusan pelanggan,” ujar Lukman.
MangoStar merupakan salah satu produk unggulan Telkomsat yang memberikan pengalaman baru kepada para pelanggannya dengan performa konektivitas paling canggih di kelasnya (enterprise-class connectivity) dan menawarkan berbagai solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, khususnya para pelaku UMKM dan penyedia jasa layanan internet (Internet Service Provider/ISP). Terbukti sejak satu tahun terakhir mengalami pertumbuhan pelanggan sangat pesat, mencapai 10 kali lipat dalam rentang tahun 2022-2023.
Terobosan lain yang telah dilakukan adalah layanan MangoStar di segmen maritim yang diluncurkan pada awal September 2023 dan diperuntukan bagi pelanggan di sektor maritim dengan fasilitas Network Monitoring System (NMS) 7×24 jam dan kecepatan akses download hingga mencapai 180 Mbps dan upload 20 Mbps per 1 terminal ini.
Lukman menambahkan, apa yang telah dilakukan Telkomsat sejalan dengan program pemerintah dalam pemerataan digital di Indonesia. “Kami senantiasa memaksimalkan dan mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki Telkomsat sebagai bagian dari TelkomGroup untuk mendukung program pemerintah dalam hal pemerataan digital di Indonesia,” ujar Lukman.
Dalam kesempatan yang sama, Lukman turut memaparkan bahwa pihaknya telah menyiapkan 9 Gateway dan 1 PoP untuk menyediakan konektivitas tersebut di seluruh Indonesia, yang dimulai sejak Juli 2022 lalu.