spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Tata Cara Salat Idul Fitri yang Benar, Lengkap Serta Amalan Sunah yang Wajib Diketahui

KNews.id – Untuk menjalankan sholat Idul Fitri dengan benar, penting untuk memperhatikan tata cara yang tepat. Salat ini adalah ibadah yang tidak boleh ditinggalkan bagi orang yang mampu melakukannya. Oleh karena itu, perhatian terhadap tata cara salat Idul Fitri sangatlah penting.

Hari Idul Fitri merupakan momen istimewa bagi seluruh umat Islam di mana mereka merayakan kemenangan setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Sholat Idul Fitri merupakan salah satu bagian penting dari ibadah ini yang memiliki banyak berkah.

- Advertisement -

Tata cara Salat Idul Fitri mungkin sedikit berbeda dengan tata cara sholat sunnah lainnya. Hal ini disebabkan oleh jumlah takbir yang berbeda dan juga perbedaan dalam niat dan jumlah rakaat.

Salat Idul Fitri dapat dilakukan secara berjamaah atau sendirian. Berikut ini adalah tata cara sholat Idul Fitri dan beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan, seperti yang dirangkum oleh suaranasional.com dari berbagai sumber pada hari Rabu, 20 April.

- Advertisement -

Makna Idul Fitri

Idul Fitri terdiri dari dua kata, yaitu “id” dan “al-fitri”. “Id” berasal dari kata “aada – ya’uudu” yang berarti kembali. Hari raya disebut “id” karena hari raya terjadi secara berkala, dirayakan setiap tahun pada waktu yang sama.

- Advertisement -

Sementara itu, kata “fitri” memiliki dua makna yang berbeda menurut beberapa pendapat. Kata “fitri” bisa berarti “berbuka puasa” dan “suci”. Makna “fitri” yang berarti “berbuka puasa” didasarkan pada akar kata “ifthar”, sedangkan menurut teori lain, makna “fitri” adalah suci, bersih dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, dan keburukan berdasarkan dari akar kata “fathoro-yafthiru”.

Makna Idul Fitri dapat dijelaskan sebagai hari raya kemenangan di mana umat muslim merayakannya dengan “berbuka puasa” atau makan. Makna Idul Fitri juga dapat diartikan sebagai kembalinya seseorang ke keadaan suci, atau pembebasan dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, dan keburukan sehingga berada dalam keadaan suci atau fitrah.

Tata cara Salat Idul Fitri

1. Membaca niat sholat idul fitri berikut:

Niat sholat Idul Fitri untuk imam:

“Ushalli sunnatan li ‘idil fithri rak ‘ataini imaman lillahi ta’alaa.”

Artinya: “Aku niat sholat sunat Idul Fitri dua rakaat menjadi imam karena Allah Ta’ala.”

Niat sholat Idul Fitri untuk makmum:

“Ushalli sunnatan li ‘idil fithri rak ‘ataini makmuuman lillahi ta’ala.”

Artinya: “Aku niat sholat sunat Idul Fitri dua rakaat menjadi makmum karena Allah Ta’ala.”

Niat Salat Idul Fitri sendiri:

“Ushalli sunnatan li ‘idil fithri rak ‘ataini lillahi ta’alaa.”

Artinya: “Aku niat salat sunat Idul Fitri dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

2. Membaca Takbiratul Ihram

3. Membaca Doa Iftitah

4. Takbir Sebanyak 7 Kali (Rakaat Pertama). Setelah membaca doa iftitah, mengucapkan takbir sebanyak 7 kali, diikuti dengan tasbih setiap kali selesai takbir. Bacaan tasbih setiap selesai 7 takbir di salat Id adalah seperti berikut:

Subhanallah walhamdulillah wala ilaaha illallahu wallahu akbar wala haulawala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim

Artinya: ” Maha Suci Allah, segala pujian bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar, dan tiada daya dan upaya serta kekuatan (bagi kita) melainkan dengan kekuasaan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

5. Setelah itu baca Al-Fatihah, diikuti surat pendek Al-Quran seperti biasa.

6. Gerakan dan bacaan selanjutnya hingga rakaat pertama selesai sama dengan salat lainnya.

7. Seperti rakaat pertama, rakaat kedua dimulai dengan Takbiratul Ihram, setelah itu takbir lagi. Namun kali ini takbir hanya 5 kali. Setiap kali selesai takbir, membaca tasbih seperti pada rakaat pertama.

8. Setelah itu baca Al-Fatihah, diikuti surat pendek Alquran seperti biasa. Ingat, gerakan dan bacaan selanjutnya hingga rakaat kedua selesai sama dengan salat lainnya lalu diakhiri dengan salam.

Amalan Sunah sebelum dan sesudah Salat Idul Fitri

Sebelum sholat idul fitri

1. Mandi dan memotong kuku

Mandi adalah salah satu sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan salat Idul Fitri. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya,

“Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, ‘Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. Ibnu Majah)

2. Memakai pakaian terbaik dan wangi-wangian

Sebelum Salat Idul Fitri, disunahkan untuk memakai pakaian terbaik. Hal ini disampaikan dalam salah satu hadis yang artinya:

“Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak)

3. Makan sebelum Salat

Nabi Muhammad SAW selalu menyempatkan diri untuk makan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Rasulullah bersabda yang artinya:

“Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia Salat dulu.” (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ahmad)

4. Mengumandangkan takbir hingga menjelang Salat Idul Fitri

Salah satu sunah Nabi Muhammad SAW sebelum sholat Idul Fitri adalah mengucapkan takbir. Bahkan dimulai sejak malam sebelum Idul Fitri. Atau biasa disebut malam takbiran.

Setelah Salat Idul Fitri

1. Melewati jalan yang berbeda antara pergi dan pulang salat Idul Fitri

Tujuan dari amalan sunnah ini adalah agar dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain di tempat yang berbeda. Mengambil jalan yang berbeda, tentunya akan bertemu dengan orang yang berbeda pula. Sehingga semakin banyak kebahagiaan yang dapat disebarkan melalui sapa dan senyuman.

Mengambil jalan yang berbeda saat pergi dan pulang dianjurkan sesuai dengan Hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Nabi SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulangnya).” (HR. Bukhari)

2. Saling mengucapkan selamat (tahniah al-id) seperti Taqabbalallahu Minna Waminkum

Amalan sunah lainnya yaitu saling mengucapkan selamat saat bertemu sanak saudara. Ucapannya berupa doa seperti “Taqabbalallahu minna wa minkum” yang artinya semoga Allah menerima amalan kami dan kalian. (Hfz/SN)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini