spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Tahun 2020, Arab Saudi Meminta Umat Muslim Menunggu Rencana Naik Haji

KNews.id- Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah meminta umat Islam untuk menunggu sampai ada kejelasan lebih lanjut tentang pandemi coronavirus sebelum berencana menunaikan ibadah haji pada tahun ini, demikian disampaikan Menteri Haji dan Umrah di TV pemerintah pada hari Selasa.

Awal bulan ini, Arab Saudi menghentikan kedatangan jamaah Umrah yang berlangsung sepanjang tahun karena kekhawatiran akan virus corona baru yang menyebar ke dua kota  suci muslim, sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya sehingga meningkatkan ketidakpastian atas ibadah haji tahunan.

- Advertisement -

Sekitar 2,5 juta jamaah haji dari seluruh dunia biasanya berduyun-duyun ke kota-kota Mekah dan Madinah untuk ritual selama seminggu yang dijadwalkan akan dimulai pada akhir Juli. Haji dan Umrah juga merupakan sumber pendapatan yang signifikan bagi kerajaan.

“Arab Saudi sepenuhnya siap untuk melayani jamaah haji dan umrah,” kata Menteri Mohammed Saleh Benten kepada stasiun televisi Al-Ekhbariya yang dikelola pemerintah, seperti dikutip Aljazeera.

- Advertisement -

“Tetapi, di bawah keadaan saat ini, ketika kita berbicara tentang pandemi global … kerajaan lebih memperhatikan untuk melindungi kesehatan umat Muslim dan warga negara dan oleh karena itu kami telah meminta umat Islam di semua negara untuk menunggu sebelum melakukan kontrak haji hingga situasinya jelas. “

Selain menunda umrah, Arab Saudi juga telah menghentikan semua penerbangan penumpang internasional tanpa batas waktu dan pekan lalu memblokir masuk dan keluar ke beberapa kota, termasuk Mekah dan Madinah.

- Advertisement -

Penyelenggaraan haji adalah bisnis besar bagi Arab Saudi dan tulang punggung rencana untuk memperluas jumlah pengunjung di bawah agenda reformasi ekonomi ambisius Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Membatalkan haji akan menjadi hal yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman modern, tetapi membatasi kehadiran dari daerah berisiko tinggi telah terjadi sebelumnya, termasuk dalam beberapa tahun terakhir selama wabah Ebola.

Sampai saat ini, kerajaan telah melaporkan lebih dari 1.500 kasus virus korona yang dikonfirmasi dan 10 kematian. Secara global, lebih dari 825.000 orang telah terinfeksi dengan lebih dari 40.000 kematian tercatat.

Wabah penyakit telah secara teratur menjadi perhatian di sekitar haji, sebuah ibadah yang menjadi rukun dan biasanya seorang musim ingin melaksanakan minimal sekali seumur hidup mereka, terutama karena jamaah yang datang dari seluruh dunia.

Wabah paling awal yang tercatat terjadi pada tahun 632 ketika para peziarah memerangi malaria. Wabah kolera pada tahun 1821 menewaskan sekitar 20.000 peziarah. Wabah kolera lain pada tahun 1865 menewaskan 15.000 peziarah dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Baru-baru ini, Arab Saudi menghadapi bahaya dari coronavirus terkait yang menyebabkan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS).

Respons yang telat memungkinkan virus untuk membunuh beberapa ratus orang dan menyebar ke seluruh wilayah. Kerajaan meningkatkan langkah kesehatan masyarakat pada 2012 dan 2013, meskipun tidak ada wabah terjadi, demikian dilaporkan Aljazeera. (Fahad Hasan&Aljazeera)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini