spot_img
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Survei Terbaru, Terjawab Siapa Pemilik Suara di Jabar-Jatim, PDIP vs Gerindra

KNews.id – Suara pemilih di Jawa Barat dan Jawa Timur sangat krusial untuk memenangkan Pilpres 2024.Tak heran jika eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa jadi rebutan para tim pemenangan nasional capres cawapres.

Tim pemenangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD ingin mengajak Khofifah dan Ridwan Kamil bergabung bersama mereka. Pun demikian dengan Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming turut mengklaim Khofifah dan Ridwan Kamil sebagai bagian dari mereka.

- Advertisement -

Simak juga survei elektabilitas peta suara capres dan cawapres di Jatim dan Jabar.

Peneliti dari Litbang Kompas, Toto Suryaningtyas, memperkirakan bahwa persaingan antara pasangan capres cawapres di Provinsi Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Barat (Jabar) akan menjadi yang paling ketat dalam Pipres 2024 mendatang.

Hal ini disebabkan oleh belum adanya nama pasangan calon yang mendominasi di dua provinsi tersebut dengan suara yang signifikan. Toto menjelaskan bahwa setiap pasangan capres dan cawapres memiliki wilayah yang menjadi lumbung suara mereka.

Namun, di Jatim dan Jabar, keunggulan pasangan tertentu cenderung tidak bersifat mutlak.

- Advertisement -

“Di Pulau Jawa, masing-masing capres memiliki keunggulan, misalnya dari DKI Jakarta, Anies Baswedan memiliki keunggulan. Sedangkan di Banten dan Jabar, Prabowo Subianto memiliki keunggulan.

Sementara untuk Jateng dan Jawa Timur Jatim, Ganjar Pranowo merupakan figur yang paling unggul,” ujar Toto pada Minggu, 29 Oktober 2023. Namun, Toto menekankan bahwa keunggulan dalam hal ini tidak bersifat mutlak.

Misalnya, Prabowo di Jabar tidak mencapai 50 persen, mungkin hanya sekitar 35 persen. Begitu juga dengan keunggulan Ganjar di Jatim yang tidak mutlak, berkisar antara 35-40 persen dibandingkan dengan calon-calon lain.  (Zs/Trbn)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini