spot_img
Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

Sosok Ini Yang Harus Didahulukan untuk Diberikan Sedekah

KNews.id – Agar mendapat rezeki yang berlimpah, salah satu amalan yang dapat dilakukan yaitu Sedekah. Namun, Ustaz Adi Hidayat menyampaikan orang yang pantas mendapatkannya. Sedekah menjadi pertolongan yang diberikan kepada orang lain berupa harta yang dilakukan dengan niat untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

Ternyata, bukan Istri, Anak, maupun orang miskin yang didahulukan untuk mendapat sedekah. Namun ada satu sosok orang yang pantas didahulukan bila Anda ingin memberikan sedekah.

- Advertisement -

Seorang pendakwah, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan mengenai orang pertama yang seharusnya didahulukan untuk mendapatkan sedekah. Seperti apa penjelasan Ustaz Adi Hidayat mengenai hal tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa Allah berfirman dalam Al-Quran, sosok ini diutamakan untuk mendapatkan sedekah. Sosok yang dimaksud yaitu ibu sebagai orang yang melahirkan adalah orang pertama yang seharusnya Anda bagi rezekinya.

- Advertisement -

“Kalau Anda ingin berbagi, siapa orang pertama yang layak Anda bagi? Kata Allah, tuh ibu Anda yang melahirkan Anda,” ungkap Ustaz Adi Hidayat pada tayangan YouTube Gibran.

Keutamaan sedekah kepada orang tua sendiri tertulis dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 215, sebagaimana Allah SWT berfirman:

- Advertisement -

يَسْـَٔلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَ ۖ قُلْ مَآ أَنفَقْتُم مِّنْ خَيْرٍ فَلِلْوَٰلِدَيْنِ وَٱلْأَقْرَبِينَ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا۟ مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٌ

Artinya: “Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.” (QS Al-Baqarah: 215).

Ibu merupakan orang paling ikhlas dan rela berhadapan dengan maut untuk bisa melihat buah hatinya, tanpa meminta sedikitpun sedekah atau rezeki dari Anda. “Ibu Anda tidak pernah meminta apapun kepada Anda. Perjuangannya luar biasa, berhadapan dengan kematian, bahkan saat itu dia memohon yang terbaik bagi Anda,” ujarnya.

Ustaz Adi Hidayat menerangkan bahwa termasuk saat melihat Anda tumbuh dewasa dan menjadi orang yang sukses, ibu tidak pernah meminta apapun. “Dan setelah melihat Anda dewasa, ia tidak pernah meminta. Anda tidak pernah melihatnya?!,” tegasnya.

Hal ini telah dituliskan dalam Al-Quran, dahsyatnya lagi sekalipun seorang ibu berbeda keyakinan dengan Anda, maka jangan pernah sekalipun memutuskan hubungan dengannya.

“Sekalipun ia berbeda keyakinan, jangan pernah putus hubungan dengannya, doakan dia agar mendapatkan hidayah. Kunjungi dia ke tempatnya,” jelas Ustaz Adi Hidayat.  Tak hanya itu, Ustaz Adi Hidayat juga bertanya bahwa berapa keseimbangan hidup yang sudah kita lakukan dalam kehidupan bagi orang yang tiap hari salat, tiap hari beribadah kepada Allah.

Kepada Anda yang sudah merasa populer, merasa kaya, sampai tidak pernah kontak dengan orang tua, sampai tidak pernah menyebut namanya dalam shalat Anda.

Bahkan sampai selesai shalat Anda pun masih tidak menyebut namanya. “Anda siapa?,” tegasnya. Terlebih sampai Anda tidak bisa bersikap adil dalam kehidupan dan melupakan orang tua.

Hal inilah yang kemudian ditegaskan Ustaz Adi Hidayat bahwa, seharusnya dan sudah menjadi kewajiban bahwa orang tua lah yang paling utama mendapatkan sedekah dari Anda.

(Zs/Tv!)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini