spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Soal Kegagalan “Food Estate”, Anies: Kalau Berhasil, Tak Perlu Omon-omon

KNews.id – Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyindir kegagalan proyek food estate yang digadang Kementerian Pertahanan di Kalimantan Tengah. Hal itu dia sampaikan saat kampanye di hadapan petani di Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Ia mengatakan, panen di Gorontalo nyata dan berhasil tak seperti food estate yang gagal saat ditanami singkong. “Dan Gorontalo kami datang, kami berharap bisa membawa pesan Gorontalo untuk seluruh Indonesia, tidak perlu food estate, tapi biarkan para petani didukung dan mereka akan berproduksi untuk kita,” kata Anies.

- Advertisement -

“Dan alhamdulillah panennya berhasil, kalau gagal baru omon-omon, kalau berhasil tak perlu omon-omon,” tutur dia.  Anies DIjadwalkan Kampanye di Polewali Mandar Hari Ini Anies mengatakan, ia datang ke Gorontalo karena mengenal daerah tersebut dengan produk pertaniannya.

Gorontalo dikenal sebagai penghasil jagung, cokelat, dan kelapa. Singkong juga disebut tumbuh dan berhasil dipanen. “Tidak perlu pakai food estate di sini, petani-petani membangun singkong dan berhasil,” tutur dia. Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 ini kemudian menyebutkan, alokasi anggaran food estate harusnya diberikan ke petani sehingga produksi tani bisa lebih masif di tingkat lokal, dan mereka bisa lebih sejahtera.

- Advertisement -

Klarifikasi TKN soal Lahan Prabowo yang Diungkit Anies, Tak Sampai 340.000 Hektar “Ketika alokasi anggaran diberikan oleh petani melalui pupuknya, melalui dukungan lain, itu jauh lebih optimal ketimbang kita membangun sebuah food estate,” ujarnya. Sebelumnya istilah “omon-omon” digunakan oleh calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto saat menanggapi Anies dalam debat capres yang digelar pada Minggu (7/1/2024) malam.

Prabowo menanggapi ucapan Anies yang memberikan ide pemimpin negara selatan-selatan. “Saya banyak setuju dengan Pak Ganjar ya. Kalau benar masuk akal, saya setuju. Kalau ngomong, ngomong, ngomong, ya kumaha (bagaimana)?” ujar Prabowo.

Kampanye di Gorontalo, Anies Sempatkan Ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone “Jadi leadership apakah negara, apakah perorangan, tapi juga terutama negara harus dengan contoh ing ngarso sung tulodo (di depan memberikan panutan). Kita memimpin, kita membawa agenda, kita mau cerita, itu cerita, omon. Omon-omon tak bisa,” katanya lagi.
(Zs/Kmps)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini