spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Soal Guru Digaji Rp300 Ribu, Ganjar : Sungguh Tidak Adil Pemerintah Ini

KNews.id – Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo sebut gaji guru masih minim dan sebut pemerintahan tidak adil, saat debat capres kelima di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 4 Februari 2024.

Adapun debat kelima menampilkan tiga calon presiden di atas panggung sekaligus menjadi sesi debat terakhir yang digelar KPU RI selama masa kampanye Pilpres 2024.

- Advertisement -

Terdapat beberapa tema yang diangkat dalam debat terakhir, yakni soal kesejahteraan sosial, kebudayaan,  pendidikan, kesehatan, sumber daya manusia, teknologi informasi, dan inklusi.

Ganjar Pranowo menyatakan jika pendidikan ingin maju, maka fasilitasnya mesti diperkuat. Dan negara harus hadir dan menjalankan inklusivitas dalam dunia pendidikan.  Namun, ia menyayangkan gaji guru kini masih sangat minim.

- Advertisement -

Ia pun menceritakan pengalamannya, saat menemui guru yang digaji sangat rendah. Dan menurut Ganjar Pranowo hal ini tidak adil oleh pemerintahan.

“Yang saya tanya berapa gajimu? “300 ribu pak,” sungguh tidak adil pemerintah ini,” kata Ganjar dalam debat Capres

Saat itu, ia menyampaikan pemerintah provinsi harus memastikan guru menerima gaji yang layak. Bahkan, ia pun membuat kebijakan untuk memberikan tambahan gaji untuk guru.

“Saat itu saya sampaikan kasih gaji sesuai UMP Jawa Tengah, UMK Jawa Tengah, kemudian tambah 10 persen. Baru kita dorong proses sertifikasi dan peningkatan kapasitas,” jelas Ganjar. Sementara itu, Prabowo Subianto juga menekankan untuk menaikkan gaji guru.

Tidak hanya ini, kata Prabowo ia pun akan memperbaiki gaji guru terutama guru honorer, ASN termasuk TNI-Polri dan penyuluh pertanian.

“Kita yakin pendidikan itu strategis, kita harus perbaiki kualitas hidup guru termasuk honorer dan meningkatkan kompetensi, kita harus memberikan pelatihan-pelatihan, penataran-penataran dan juga seluruh penyelenggara negara ASN, TNI-Polri kita perbaiki gaji taraf hidupnya sehingga mereka bisa memberikan pelayanan kepada rakyat dengan sebaik-baiknya,” kata Prabowo.

Ia menjelaskan Prabowo-Gibran memiliki strategi transformasi bangsa untuk meningkatkan kemakmuran Indonesia dan memperbaiki kualitas hidup.

“Memberi makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia termasuk ibunyam. Ini akan mengatasi angka kematian ibu dan stunting dan menghilangkan kemiskinan ekstrim dan serap hasil tani dan nelayan.

Dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita serta mengatasi masalah fundamental untuk mengatasi kemiskinan ekstrem,” tandasnya.  (Zs/Klt.Co)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini