spot_img
Sabtu, Februari 24, 2024
spot_img

Soal Alutsista Rahasia Negara, JK: untuk Menutupi Harga Beli tidak Wajar

KNews.id – Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan pernyataan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto terkait data alutsista adalah rahasia negara merupakan upaya untuk menutup-nutupi harga pembelian alutsista yang yang tidak wajar.

“Rahasia itu hanya untuk menutupi harga yang tidak wajar. Selalu begitu. Kalau soal pesawat, kita punya sekian Sukhoi, sekian F16, itu bukan rahasia,” ujar JK di jakarta, Rabu (10/1).

- Advertisement -

Kalau hanya soal alutsista, ucapnya, itu sama sekali bukan rahasia. Baik dari segi jumlah, jenis, dan lain sebagainya, itu sudah diketahui negara-negara lain. Lagi pula, lanjutnya, alutsista yang dimiliki Indonesia juga selalu dipamerkan setiap tanggal 5 Oktober, dan itu menunjukkan bahwa tidak ada rahasia terkait alutsista.

JK: Kalau Cuma Soal Alutsista, Apa yang Mau Dirahasiakan? “Rahasia apa sih pertahanan kita? bagian apa yang perlu dirahasiakan kalau hanya alutsista?” tanya JK. Indonesia, imbuhnya, juga tidak mempunyai nuklir atau senjata-senjata hebat lain yang harus dirahasiakan tempatnya. “Kalau ada senjata rahasia yang hebat biasanya itu dirahasiakan, tapi kan kita tidak punya nuklir yang harus dirahasiakan di mana tempatnya,” ucap JK.

- Advertisement -

JK: Pesawat Bekas Jadi Masalah karena Harganya Terlalu Mahal Sebelumnya, pada debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1), Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo mendesak Prabowo Subianto untuk membuka data terkait dengan pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan beberapa kebijakan lain di Kementerian Pertahanan. (Zs/MI)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini