spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Sjamsul Nursalim dapat Menjadi tersangka Lagi!

KNews.id- Meski Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menghentikan penyidikan atas tersangka korupsi Sjamsul Nursalim di kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), bukan berarti Sjamsul tidak bisa dijadikan tersangka lagi sepanjang ditemukan bukti baru.

“SP3 itu untuk menjamin kepastian bagi tersangka. Dan SP3 ini kategori demi kepentingan hukum. Artinya ketika ada bukti baru lagi, wajib dibuka (jadi tersangka),” ujar Guru besar Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Prof Hibnu Nugroho sebagaimana dikutik detikcom, Rabu (7/4).

- Advertisement -

Penetapan tersangka lagi, menurut Hibnu, tidak menyalahi asas pidana ‘nebis in idem’. Asas ini berlaku bagi orang yang telah dipidana, tidak bisa diadili lagi untuk kasus yang sama.

“Ya tidak nebis idem,” kata Hibnu.

- Advertisement -

Hibnu, yang juga menjadi ahli di KPK untuk kasus Sjamsul Nursalim, menyatakan penghentian penyidikan atas tersangka Sjamsul Nursalim karena Mahkamah Agung (MA) melepaskan Syafruddin Arsyad Temenggung (SAT). MA menyatakan perbuatan SAT dalam kasus di atas adalah perbuatan perdata, bukan pidana. Alhasil, Sjamsul, yang hingga kini masih buron, juga lolos.

“SP3 ini demi kepastian hukum,” tutur Hibnu.

- Advertisement -

Sebagaimana diketahui, kasus bermula saat krisis moneter melanda Indonesia pada 1998. Banyak bank ambruk, salah satunya Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI) yang dimiliki Sjamsul.

Di sisi lain, bank ini mengucurkan kredit ke petani tambak udang. Utang pun macet. Untuk menyelamatkan moneter Indonesia, BPPN mengucurkan dana penyelamatan.

Belakangan muncul Surat Keterangan Lunas (SKL) yang dikeluarkan BPPN sehingga Sjamsul Nursalim dinilai tidak lagi perlu mengembalikan uang itu ke negara. Dari sinilah sengketa dimulai.

SAT dimintai pertanggungjawaban di muka hukum, begitu juga Sjamsul. SAT akhirnya divonis lepas oleh MA dengan alasan perbuatannya adalah perbuatan perdata. Atas hal itu, kasus Sjamsul akhirnya ditutup oleh KPK. (AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini