spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Seperti Muhammadiyah, Ponpes Gontor Menetapkan 1 Syawal 1444 H Jatuh pada Jumat 21 April 2023!

KNews.id- Pondok Pesantren Darussalam Gontor di Ponorogo, Jawa Timur menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Jumat besok (21/4). Para santri dan seluruh jemaah di pesantren Gontor akan melaksanakan shalat ied pada hari Jumat pagi.

“Benar,” kata Pengasuh Ponpes Gontor KH M Akrim Mariyat.

- Advertisement -

Waktu penetapan Idulfitri 1444 Hijriyah Ponpes Gontor itu sama dengan keputusan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam, Muhammadiyah. Pasalnya, sejak jauh-jauh hari, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1444 H akan jatuh pada Jumat 21 April 2023 berdasarkan metode hisab hakiki wujudul hilal.

Sementara, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) sendiri belum ada keputusan apapun terkait Idulfitri 2023. Itu lantaran pemerintah belum menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal atau Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah.

- Advertisement -

Sidang isbat baru akan digelar pada Kamis sore ini (20/3) di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta, pada hari ini Kamis (20/4). Sidang isbat nantinya berdasarkan metode pengamatan (rukyatul) hilal.

“Hasil rukyatul hilal ini akan dibahas dalam sidang isbat untuk kemudian ditetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal,” ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag, Kamaruddin Amin dalam keterangannya. (AHM/rmol)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini