spot_img
Kamis, Juni 20, 2024
spot_img

Selain Baca Al Kahfi, Inilah 7 Amalan Hari Jumat Sebagaimana Diajarkan dalam Sunah Nabi Muhammad SAW

KNews.id – Inilah tujuh amalan hari Jumat yang diajarkan dalam sunah Nabi Muhammad SAW yang bisa mendatangkan banyak pahala dan berkah. Jumat adalah salah satu hari yang cukup istimewa dalam ajaran Islam.

Karena kemuliaan hari Jumat, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan saleh di hari Jumat. Ada banyak sekali amalan hari Jumat yang bisa kita kerjakan dan tentunya ini bernilai pahala dan mendatangkan keberkahan.

- Advertisement -

Menjalankan amalan ibadah di hari Jum’at sangat istimewa. Sebab keutamaan hari Jum’at terasa lebih luar biasa dibanding hari biasanya, hingga dikenal sebagai hari raya setiap satu minggu sekali.

Nabi Muhammad SAW juga sangat memuliakan hari Jum’at, begitu banyak hadis yang menjelaskan terkait hal itu. Rasulullah bersabda:

- Advertisement -

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jum’at. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jum’at.” (H.R Muslim).

Berikut tujuh amalan yang bisa anda kerjakan pada malam hingga hari Jumat.

- Advertisement -

1. Baca Alquran terutama Surat Yasin

Keutamaan hari Jum’at selanjutnya bisa diisi dengan amalan membaca surat Yasin. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Abu Daud sebagai berikut:

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan Al-Shaffat di malam Jum’at, Allah SWT mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

2. Mandi Jum’at

Amalan paling mudah dan berbuah manis ialah mandi Jumat.

Hukumnya menjadi sunnah bagi siapa saja yang hendak menunaikan shalat Jum’at, baik laki-laki maupun perempuan yang turut serta, sedangkan ketentuan hukum ini menjadi berbeda bila ia memilih shalat Zuhur di rumah, maka tidak lagi disunnahkan baginya.

Hadits riwayat Ibnu Hibban dari Ibnu Umar sebagai berikut:

“Barangsiapa yang mendatangi shalat Jum’at baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi.”

Hadis yang lain menegaskan betapa mulianya hamba yang menjalankan shalat Jum’at, akan dihapus dosa selama satu tahun.

“Barang siapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jum’atan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun.” (HR. Al-Tirmidzi dan Al-Hakim).

3. Bersedekah

Berbagi merupakan ajaran Islam yang membahagiakan dan cukup mudah. Baik dalam bentuk harta maupun bantuan. Mengutip dari Liputan 6, hari Jum’at diutamakan untuk lebih banyak melakukan sedekah dibandingkan hari lainnya.

Ibnu Qayyim mengatakan, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”.

Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

4. Membaca Al Kahfi

Amalan keutamaan hari Jum’at berikutnya dengan membaca surah Al-Kahfi. Hal ini kerap kali diingatkan kembali supaya umat Islam dapat istiqomah menjaga bacaan surah yang banyak menyinggung hari kematian ini.

Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jum’at.” Hadits diriwayatkan dan dishahihkan oleh Imam Al-Hakim.

5. Perbanyak Baca Shalawat

Memperbanyak bacaan shalawat menjadi keutamaan hari Jum’at berikutnya. Amalan ini bisa Anda mulai sejak Kamis petang hingga berakhirnya Jum’at tengah malam.

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi).

6. Banyak Berdoa

Selain memperbanyak shalawat Nabi, alangkah baiknya didampingi dengan banyak memanjatkan doa pada Allah SWT sebagai keutamaan hari Jum’at. Sebab terdapat harapan yang mudah dikabulkan, bertepatan dengan waktu ijabah. Meski waktu itu dirahasiakan, antara satu kali 24 jam di hari Jum’at.

Sehingga alangkah baiknya selalu berdoa setiap waktu, untuk memperoleh waktu ijabah tersebut.

Pada hari ini (Jum’at) ada waktu yang mulia yang mana doa akan dikabulkan secara mutlak dan waktu tersebut disamarkan pada keseluruhan hari itu seperti halnya yang diungkapkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dan selainnya.” (Al-Alamah Abi Bakr bin Al-Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz.2, hal. 63, Dar Al-Fikr).

7. Memperbanyak Berbuat Baik

Salah satu keistimewaan hari Jum’at ialah dilipatgandakan pahala kebaikan sepuluh kali lipat dibanding hari lain. Hal ini diperuntukkan bagi siapa saja yang melakukan perbuatan baik.

Dan sunnah memperbanyak kebaikan di malam dan hari Jum’at; karena riwayat Ibnu Zanjawiyah dari Ibn al-Musayyab bin Rafi’, beliau berkata, Barang siapa yang berbuat kebaikan pada hari Jum’at maka akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari hari yang lain, dan barang siapa gerangan berbuat kejelekan maka juga demikian (dilipat gandakan dosanya).

Dan disamakan hari, yaitu malam, sebab tidak ada perbedaan sama sekali.” (Syaikh Abi Bakr bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hasyiyah I’anah At-Thalibin, juz 2, hal. 104, Dar Al-Fikr).

Itulah beberapa amalan keutamaan hari Jum’at yang bisa dijalankan oleh seluruh umat Islam, supaya lebih mendekatkan diri pada Allah, memperoleh berkah yang berlipat dan pengampunan dosa, dibanding hari biasanya.

(Zs/Trbn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini