spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Sejumlah Sentimen Positif Hiasi Pergerakan Saham Telkom, Simak Rekomendasinya

Tren ini diperkirakan akan berlanjut pada kuartal-kuartal mendatang. Selain itu, layanan fixed mobile convergence (FMC) TLKM yang rencananya diluncurkan pada semester II 2023 kemungkinan perlu waktu untuk dapat berkontribusi lebih banyak ke pendapatan.

Yang tak kalah penting, TLKM juga menargetkan pertumbuhan kontribusi pendapatan dari GOTO sebesar 40%-50% YoY pada tahun 2023. Tujuan utama investasi TLKM di GOTO adalah untuk mendapatkan keuntungan dari sinergi, misalnya penawaran paket data khusus untuk pengemudi ride-hailing GOTO.

- Advertisement -

Pada sembilan bulan pertama 2022, TLKM membukukan Rp 507 miliar (naik 50%) dalam kontribusi pendapatan dari GOTO, sementara target total tahun 2022 sebesar Rp 670 miliar.

“Untuk tahun 2023, manajemen menargetkan untuk membukukan pertumbuhan pendapatan dari GOTO sebesar 40%-50% YoY dengan layanan/produk TLKM baru yang akan diluncurkan pada Tokopedia,” kata Selvi.

- Advertisement -

Dalam riset tanggal 31 Januari 2023, Analis Senior Mirae Asset Sekuritas Indonesia Robertus Hardy dan Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Jennifer A. Harjono menilai positif rencana TLKM untuk menggabungkan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan brand IndiHome. Menurut keduanya, penggabungan segmen seluler dan fixed-broadband akan membuka beberapa nilai tersembunyi TLKM.

Telkomsel saat ini merupakan penyedia layanan seluler terbesar di Indonesia dengan lebih dari 159 juta pengguna atau setara dengan 58% populasi. Sementara itu, pada sembilan bulan pertama 2022, pengguna IndiHome masih mampu tumbuh sebesar 6,8% YoY menjadi 9,04 juta di tengah pembangunan infrastruktur serat optik yang masih kurang.

- Advertisement -

Rata-rata pendapatan per pengguna (ARPU) dari layanan seluler TLKM pada kuartal III-2022 adalah Rp 45.000 dibanding fixed broadband Rp 269.000.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini