spot_img
Jumat, Mei 10, 2024
spot_img

Riwayat Prabowo Dijuluki 08 Sejak Berpangkat Kapten TNI

KNews.id – Prabowo Subianto memiliki julukan yang tersemat di dirinya sejak lama yakni 08. Paduan dua angka itu adalah warisan dari riwayatnya berdinas di TNI yang melekat hingga sekarang.
Salah seorang mantan perwira Kopassus TNI AD menjelaskan asal usul kode 08. Dia menyebut Prabowo menyandang kode 08 sejak masih berpangkat kapten di satuan Kopassus.

Itu sudah lama sekali. Sejak di Kopassus pangkat kapten. Sampai sekarang masih sering dipakai oleh sebagian kalangan,” ucapnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/7).

- Advertisement -

Pemberian kode 08 tepatnya saat Prabowo berada dalam Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor-81) Kopassus TNI AD yang dibentuk pada 1981 silam. Satuan tersebut terdiri dari sejumlah anggota Kopassus terpilih yang diberi kode sebagai identitas.

Kala itu, Prabowo diberi kepercayaan menjadi wakil komandan dengan kode 08. Komandannya adalah Luhut Binsar Pandjaitan yang kini menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, menyandang kode 07.
Prabowo lalu menjadi Komandan Jenderal Kopassus ke-15 periode 1995 hingga 1998. Dia menggantikan Subagyo HS. Selama menjadi Danjen Kopassus, Kode 08 masih melekat sebagai identitasnya.

- Advertisement -

Karier Prabowo terus berlanjut di politik usai pensiun dari TNI dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal bintang tiga. Alih-alih hilang atau luntur, kode 08 tetap dipakai oleh sebagian orang hingga diketahui banyak orang.
Menurut mantan perwira Kopassus itu, Prabowo pun tidak pernah keberatan jika masih diidentikkan dengan kode 08 hingga saat ini.

“Sampai sekarang orang orang yang kenal dekat manggilnya masih 08. Terutama yang mantan Kopassus,” kata sumber CNNIndonesia.com yang merupakan mantan perwira Kopassus. (Zs/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini