spot_img
Jumat, Februari 23, 2024
spot_img

Respons Taktik Gibran Pakai Istilah Asing saat Debat, Mahfud: Saya Bisa Cari 1000 Istilah Sulit

KNews.id – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD menyatakan dia bisa saja mencari banyak istilah sulit dan tidak diketahui orang awam buat ditanyakan dalam ajang debat capres-cawapres, seperti yang dilakukan pesaingnya cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

“Kalau cuma istilah-istilah sulit, saya bisa mencari 1000 istilah sulit sehari yang orang lain tidak tahu. Kalau cuma mau cari itu ya,” Mahfud usai menghadiri acara selawat bersama Perindo di Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

- Advertisement -

seperti dikutip dari Kompas TV. Mahfud MD menyampaikan hal itu merespons taktik Gibran Rakabuming Raka yang menggunakan istilah tidak familiar dalam debat cawapres pada Jumat (22/12/2023) pekan lalu.

Mahfud Batal Kampanye di NTB, Dokter Sarankan Istirahat Mahfud menyarankan sebaiknya pertanyaan diajukan dalam debat cawapres adalah hal-hal yang substansial dan tidak cuma mengumbar istilah asing atau tidak familiar.

- Advertisement -

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam debat kedua itu Gibran melontarkan pertanyaan kepada Mahfud MD soal proses penyusunan aturan tentang teknologi carbon capture storage. Carbon capture storage atau penangkapan dan penyimpanan karbon adalah suatu proses penangkapan dan penyimpanan karbon dioksida selama persiapan bahan bakar fosil maupun dari limbah hasil pembakarannya.

Kegiatan penangkapan dan penyimpanan karbon dilakukan pada pembangkit listrik menggunakan bahan bakar fosil atau batu bara serta proses pengolahan gas alam.

Mahfud lantas menjelaskan proses penyusunan aturan atau rancangan undang-undang secara umum dan lazim mulai dari kajian akademik, penyusunan draf rancangan undang-undang, pembahasan antara pemerintah dan DPR, proses revisi sampai disahkan. Dia juga kemudian memaparkan topik pertanyaan yang diajukan Gibran seharusnya disampaikan pada debat ke-4 yang membahas soal lingkungan hidup. Pada kesempatan yang sama, Gibran bertanya kepada cawapres nomor urut 1 tentang State of Global Islamic Economy (SGIE) dan menaikkan peringkat Indonesia.

Muhaimin lantas sempat meminta Gibran buat menjelaskan SGIE yang terkait dengan perekonomian syariah dan produk halal. Setelah itu Muhaimin kemudian baru memaparkan argumennya terkait pertanyaan itu.

(Zs/Kmps)

 

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita