spot_img
Jumat, Februari 23, 2024
spot_img

Ratusan Kyai Pesantren Dari Jateng dan Jatim Menyatakan Dukungannya Kepada Anies~Muhaimin

KNews.id – Sudah membudaya dalam setiap Pemilu, Para Kyai dan Pesantren, menjadi serbuan para kandidat Presiden, Gubernur dan Bupati Walikota. Hal ini diyakini bahwa mereka adalah sebagai agent of change, sangat berpengaruh dan menjadi panutan  jama’ahnya.

Sejumlah kiyai di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur menyatakan dukungannya kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai kandidat capres-cawapres dalam Pemilu 2024. Dukungan tersebut disampaikan dalam acara Halaqoh Kebangsaan dan Ijma’ Ulama Pantura untuk Persatuan di Pondok Pesantren Ma’hadu ‘Ulum Asy-Syar’Iyyah (MUS), Sarang, Rembang, Jawa Tengah pada Senin, 25 Desember 2023.

- Advertisement -

Acara Halaqoh atau musyawarah ini dipimpin pengasuh Pondok Pesantren MUS, yakni KH Muhammad Said Abdurrachim. Acara tersebut dihadiri hampir 500 kyai, antara lain KH. M Najih Maimoen, KH. Roghib Mabrur, KH. Abdurrouf Maimoen, KH. M Wafi Maimoen, KH. Fathurrohman Ali, KH. Rosikh Roghibi, KH. Muhammad Faishol zaini, KH. Aniq Muhammadun, Pati, KH. Ahfas Faishol Hamid, Lasem, KH. Ahmad Ainul Yaqin, Tuban KH. Ma’shum Faqih, Tuban dan KH. Hafidz Asnawi, Kudus

Holaqoh tersebut melahirkan Risalah Sarang yang berisi dukungan terhadap Anies dan Muhaimin (Amin). Anies menilai dukungan tersebut telah membuktikan bahwa masyarakat menginginkan perubahan.

- Advertisement -

“Ini adalah bekal untuk perjuangan sekaligus pesan kepada semua, dari Sarang pesan perubahan ke seluruh Jawa, ke seluruh Indonesia,” ujar Anies dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo pada Senin, 25 Desember 2023.

3 alasan mendukung Amin

Dalam keterangan tersebut para kiyai menyatakan memiliki tiga alasan mendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Pertama, pasangan tersebut dinilai sebagai  kandidat paling berilmu. Kedua, mereka juga dianggap sebagai pasangan paling taat syariat. Ketiga, visi misi Anies dan Muhaimin dinilai paling sesuai dengan syariat, yaitu adil dan makmur.

Dalam Risalah Sarang tersebut, para ulama juga berpesan untuk menerapkan kepemimpinan dwitunggal antara presiden dan wakil presiden. Poin ini menjadi perhatian bagi warga Nahdliyin untuk memastikan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan menggunakan pendekatan gerakan. Dengan begitu, posisi NU dan jamaahnya benar-benar dijadikan sebagai fa’il atau subyek dalam pembangunan.

Minta Anies dan Muhaimin terapkan UU Pesantren secara efektif 

Selain itu, para kyai juga mendorong agar setelah terpilih menjadi presiden dan wakil presiden, Anies dan Muhaimin menerapkan secara efektif Undang-undang Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren.

Para ulama berharap pemerintah dapat membentuk Direktorat Jenderal Pesantren untuk mengoptimalkan dana abadi pesantren. Serta menerbitkan regulasi turunan dan petunjuk teknis untuk mengimplementasikannya di seluruh pesantren di Indonesia.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar merupakan pasangan yang diusung oleh Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Mereka adalah pasangan dengan nomor urut 1 dalam Pilpres 2024 (Zs/Fu.News)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita