spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Rakyat Diabaikan, Parpol Hanya Jadi Patron Pemilik Modal

Partai politik juga penting mengetahui bahwa pemilih pemula jumlahnya cukup banyak pada Pemilu 2024 mendatang. KPU telah melakukan pemutakhiran data terhadap jumlah pemilih pemilu hingga Juni 2022.

Hasilnya, ada 578.139 pemilih baru dari total 190.022.169 orang. Hal ini dikuatkan oleh hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), dimana menunjukkan pemilih muda akan mendominasi Pemilu 2024.

- Advertisement -

Dalam hal ini, pemilih muda didefiniskan sebagai warga berusia 17-39 tahun. Jumlah pemilih dari kaum muda, menjadi ujung tombak parpol untuk memperoleh dukungan mahasiswa dalam mengusung kandidat pemimimpin berkualitas.

Meski demikian, pemegang kedaulatan sistem demokrasi langsung adalah pemilih yang cerdas, sehingga mampu menghasilkan pemimpin berkualitas.

- Advertisement -

Jadi, bukan euforia elektabilitas dengan berbagai mobilitas masa pendukung. Maka, strategi parpol harus mencermati pergeseran perilaku pemilih di Pemilu 2024.

Pemilih yang akan mendominasi di akar rumput merupakan pelajar dan mahasiswa, terutama kaum muda pemilih pemula. Mereka akan memilih berdasarkan program yang relevan dan terukur, serta rekam jejak kontestan yang berintegritas dan paham pada persoalan bangsa.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini