spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Raja Salman Minggir! Ini Raja Terkaya Sejagad Harta Rp7.000 T

KNews.id- Raja Salman dari Arab Saudi diyakini sebagai raja terkaya di dunia. Namun sebenarnya, ada seseorang yang jauh lebih kaya dibanding nama-nama tersebut?

Menurut sejarawan, ia adalah Mansa Musa. Dirinya merupakan penguasa Afrika Barat abad pada abad ke-14 yang kekayaannya “tak terlukiskan”, sebagaimana dilaporkan BBC.

- Advertisement -

Dengan memperhitungkan inflasi, kekayaan Mansa Musa tidak hanya mengalahkan miliuner teknologi saat ini. Tetapi juga penguasa terbesar dunia, seperti Augustus Caesar (US$6 triliun), William the Conqueror (US$5 miliar) dan Akbar I.

Siapa Mansa Musa?
Mansa Musalahir sekitar tahun 1280 M selama Dinasti Keita. Ia dilahirkan dalam keluarga penguasa dan berkuasa pada tahun 1312 M ketika saudara laki-lakinya Mansa Abu-Bakr turun tahta untuk melakukan ekspedisi besar-besaran di laut.

- Advertisement -

Menurut sejarawan Shibab al-Umari, Abu-Bakr selalu terpesona dengan Samudra Atlantik. Ia dilaporkan pergi dengan armada sekitar 2.000 kapal dengan ribuan pria, wanita, dan budak.

Tetapi dia tidak pernah kembali. Mansa Musa kemudian menjadi sultan kesembilan kerajaan Afrika Barat, yang sudah dianggap sangat kaya pada saat dia naik.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini