spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Putin Serius Mau Memakai Senjata Nuklir, Senjata Rusia Lebih Berbahaya dari AS!

KNews.id- Di tengah serangannya kepada Ukraina, akhir pekan lalu Presiden Rusia Vladimir Putin membuat pernyataan yang membuat seluruh dunia merinding. Negaranya disinyalir tengah bersiap untuk melancarkan serangan nuklir.

“Saya memerintahkan menteri pertahanan dan kepala staf umum angkatan bersenjata Rusia untuk menempatkan pasukan pencegahan tentara Rusia ke dalam mode layanan tempur khusus,” kata Putin dalam pidato yang disiarkan televisi.

- Advertisement -

Pasukan pencegahan yang dimaksud Putin termasuk kekuatan nuklir. Lalu seberapa serius ancaman nuklir Rusia?.

Menurut berbagai sumber, Rusia memiliki 6.257 hulu ledak nuklir pada tahun 2021. Itu menjadikannya negara dengan persenjataan nuklir terbesar di dunia, diikuti oleh Amerika Serikat (AS) yang memiliki 5.500 hulu ledak nuklir di tahun sama.

- Advertisement -

Namun tidak semua senjata ini segera tersedia. Sebanyak 1.760 hulu ledak Rusia “dipensiunkan” dan menunggu pembongkaran, menurut Asosiasi Kontrol Senjata, organisasi non partisan yang berbasis di AS.

Dengan ini Moskow hanya memiliki 4.497 hulu ledak nuklir aktif. Dari jumlah itu, tidak semua dikerahkan, artinya dalam posisi di mana mereka bisa ditembakkan dalam hitungan menit jika pemerintah memerintahkan serangan nuklir.

- Advertisement -

Per September 2021, Rusia memiliki 1.458 hulu ledak nuklir yang dikerahkan pada rudal balistik antarbenua, rudal balistik yang diluncurkan kapal selam, dan pembom strategis. Ini adalah angka terbaru yang tersedia melalui New START, perjanjian pengurangan senjata nuklir antara AS dan Rusia yang melibatkan pembagian angka hulu ledak nuklir terbaru setiap enam bulan.

Namun doktrin nuklir Rusia, yang disetujui oleh Putin sendiri baru-baru ini pada tahun 2020, menyatakan bahwa negara itu hanya akan menggunakan serangan nuklir dalam satu dari empat kasus.

Kasus-kasus tersebut adalah ketika rudal balistik ditembakkan ke Rusia atau wilayah sekutu; ketika musuh menggunakan senjata nuklir; sebagai tanggapan terhadap serangan situs senjata nuklir Rusia; atau sebagai tanggapan atas serangan yang mengancam keberadaan negara Rusia.

Di antara kasus tersebut diketahui tak satupun adalah kasus dalam perang melawan Ukraina.

Seorang pejabat senior Departemen Pertahanan AS mengatakan bahwa Putin menggunakan kemampuan nuklir Rusia “bukan hanya langkah yang tidak perlu dia ambil tetapi juga langkah yang meningkat.”

Sementara Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyebut perintah itu “tidak bertanggung jawab,” mengatakan kepada penyiar AS CNN bahwa “ini adalah retorika yang berbahaya”, sebagaimana dikutip dari Deutsche Welle (DW).

Tetapi belum ada pemahaman yang jelas tentang arti sebenarnya dari pernyataan Putin secara praktis untuk strategi militer Rusia ke depan.

“Masih belum jelas apa yang dimaksud dengan peningkatan kewaspadaan,” Hans Kristensen, direktur proyek informasi nuklir di Federasi Ilmuwan Amerika.

“Ada spekulasi bahwa itu mungkin melibatkan peningkatan kesiapan sistem komando dan kontrol nuklir agar lebih siap mengirimkan perintah peluncuran. Ada juga beberapa laporan tentang peningkatan aktivitas kapal selam rudal, tetapi tidak jelas apakah itu benar. luar biasa.”

Diketahui saat ini Rusia sudah menguasai beberapa wilayah perbatasan Ukraina. Tentara Rusia mengklaim telah menguasai kota Kherson di Ukraina selatan pada hari ketujuh serangan. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini