spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Publik Setuju Syahrul Yasin Limpo di Tangkap, dan Apresiasi Kepada KPK

Oleh : Damai Hari Lubis – Pengamat Hukum & Politik 212

KNews.id – Apakah penangkapan Mentan Yasin Limpo akan berlanjut kepada penangkapan di jajaran petinggi Partai Nasdem lainnya ? Jika iya, maka rakyat nalar sehat semuanya akan selalu mendukung penangkapan koruptor oleh KPK maupun oleh lembaga penegakan hukum lainnya.

- Advertisement -

Dengan catatan, penangkapan ini tidak oleh motif politik, atau intervensi dari eksternal, semata – mata harus karena perbuatan si pelaku, dan dari sisi yuridis formil dan materil penyidik KPK sudah memiliki sekurang – kurangnya 2 ( dua ) alat bukti yang cukup.

Dan pengungkapan korupsi, jangan sekedar suka – suka atau pilih tebang, siapapun pelakunya, dan apapun jabatannya, serta para pihak penyertanya harus ditindak lanjuti secara due process of law.

- Advertisement -

Karena terkait penyerta pelaku korupsi, perspektif menurut logika hukum, korupsi tidak mungkin berdiri sendiri, tidak mungkin tanpa ada pihak lainnya. Tentu ada delneming ( penyerta ), setidak – tidaknya si pemberi.

Maka hukum dan penegakannya mesti equalitas, berlaku kepada setiap orang, seandainya sekalipun pelakunya adalah anak presiden, atau anak Megawati maupun konglomerat.

- Advertisement -

Khusus terhadap penangkapan Yasin Limpo, diyakini bahwa kelompok 212 akan konsisten mendukung penangkapan dan penjarakan pelaku koruptor, walau sekalipun itu adalah Para Ketua umum Partai, asalkan bukan hasil rekayasa sponsor dan atau ditunggangi kepentingan politis, namun oleh adanya perbuatan dan kelengkapan fakta hukum.

Terhadap penangkapan Yasin Limpo Pastinya, rakyat akan mendukung dan apresiasi kepada KPK. Karena korupsi yang sudah mendapat predikat hukum sebagai extra ordinary crime merupakan perbuatan yang dapat melemahkan sendi – sendi kehidupan bangsa dan negara. Bravo KPK.  (Zs/NRS)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini