spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Puasa Ramadhan dab Shalat Malam untuk Meraih Shiddiqin dan Syuhada

Oleh: Ustadz Najmi Umar Bakkar

KNews.id- Amr bin Murrah al-Juhani berkata :

- Advertisement -

جاء رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّم رجلٌ من قضاعةَ فقال : يا رسولَ اللهِ ! أرأيتَ إن شهدتُ أن لا إلهَ إلا اللهُ، وأنك رسولُ اللهِ، وصليتُ الصلواتِ الخمسَ، وصمتُ الشهر، وقمتُ رمضانَ، وآتيتُ الزكاةَ ؟ فقال النبيُّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّم : من مات على هذا كان من الصديقينَ والشهداءِ

“Seorang dari Qudha’ah telah datang kepada Rasulullah ﷺ, kemudian ia berkata : “Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu jika aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yg haq kecuali Allah, dan bahwasanya engkau adalah utusan Allah, dan aku mengerjakan shalat yang lima, berpuasa Ramadhan dan mendirikan shalat malam Ramadhan, serta aku pun membayar zakat ?”. Maka berkata Nabi ﷺ : “Barangsiapa mati di atas perkara ini, maka dia termasuk (yang berhak meraih derajat) para shiddiqin dan syuhada’ (orang yang matinya syahid)” (HR. Ahmad VIII/150 sebagaimana disebutkan di dalam Majma’ az-Zawaa-id, dan Ibnu Khuzaimah no. 2212, ath-Thabrani dalam Musnad asy-Syaamiyyiin no. 2939 & Ibnu Hibban sebagaimana dalam al-Ihsan no. 3438 dan juga al-Khathiib dalam al-Jaami’ li Akhlaaq ar-Raawy II/207)

- Advertisement -

Derajat hadits ini telah dianggap shahih oleh Imam al-Albani di dalam Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no. 749 dan Qiyaamu Ramadhan di hal 18, al-Haafizh Ibnu Hajar al-Asqalaani dalam Mukhtashar al-Bazzar I/70 dan Imam al-Haitsami dalam Majma’ az-Zawaa-id I/51. (ikh)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini