spot_img
Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Puasa Ayyamul Bidh Mei 2024: Jadwal, Niat dan Keutamannya

 

KNews.id – Jakarta , Puasa Ayyamul Bidh Mei 2024 bertepatan dengan salah satu bulan haram, yakni Zulkaidah 1445 H. Zulkaidah adalah bulan ke-11 dalam kalender Hijriah.
Hamdan Hamedan menjelaskan di bukunya berjudul Doa dan Zikir Sepanjang Tahun, pada bulan haram dianjurkan untuk mengerjakan amal kebaikan sebanyak-banyak sebab Allah SWT akan melipatgandakan pahalanya.

- Advertisement -

Sebagaimana yang diterangkan dalam sebuah riwayat dari Ibnu Abbas, “Beribadah dan beramal saleh di bulan-bulan haram dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Demikian sebaliknya, bermaksiat dan berbuat dosa di bulan-bulan tersebut digandakan hukumannya.”

Puasa Ayyamul Bidh menjadi amalan yang bisa dikerjakan umat Islam pada bulan haram. Ibadah ini dikerjakan selama tiga hari setiap pertengahan bulan Hijriah. Rasulullah SAW mengerjakan puasa Ayyamul Bidh pada setiap tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan Hijriah. Amalan ini juga disebut sebagai puasa tiga hari berturut-turut.

- Advertisement -

Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah riwayat hadits yang berbunyi, “Rasulullah SAW menyuruh kami untuk berpuasa pada Ayyamul Bidh yakni tanggal 13, 14, dan 15.” (HR Abu Dawud)

Terdapat juga riwayat dari Abu Darda, yang menjelaskan Rasulullah SAW mengerjakan puasa Ayyamul Bidh secara rutin, hadits itu berbunyi,

- Advertisement -

“Kekasihku (Rasulullah SAW) berpesan kepadaku agar tidak sekali-kali meninggalkan tiga hal selama hidupku, yaitu puasa tiga hari setiap bulan, salat Dhuha, dan supaya aku tidak tidur sebelum mengerjakan salat witir.” (HR Muslim)

Bagi muslim yang mengerjakan puasa ini akan mendapatkan banyak keutamaan di antaranya mendapatkan pahala puasa satu tahun penuh. Pada sebuah riwayat, dijelaskan keutamaan puasa Ayyamul Bidh tersebut. Dari Ibnu Milhan Al-Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata,

“Rasulullah SAW biasa memerintahkan kepada kami untuk berpuasa pada Ayyamul Bidh yaitu 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriah). Dan beliau bersabda, ‘Puasa Ayyamul Bidh itu seperti puasa setahun’.” (HR Abu Daud dan An-Nasai)

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh 2024
Agar memudahkan muslim untuk mengetahui waktu puasa Ayyamul Bidh, berikut jadwal puasa Ayyamul Bidh Mei 2024 mengacu pada kalender Hijriah Indonesia 2024 susunan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

13 Zulkaidah 1445 H: Rabu, 22 Mei 2024
14 Zulkaidah 1445 H: Kamis, 23 Mei 2024
15 Zulkaidah 1445 H: Jumat, 24 Mei 2024

Niat Puasa Ayyamul Bidh
Diambil dari buku Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunnah Rekomendasi Rasulullah tulisan Amirulloh Syarbini & Sumantri Jamhari, berikut bacaan niat puasa Ayyamul Bidh yang dapat dibaca sebelum berpuasa.

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ayyami bidh sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya: Saya niat puasa hari-hari putih, sunah karena Allah ta’ala.

Bolehkah Puasa Ayyamul Bidh Satu Hari Saja?
Dijelaskan dalam buku Supaya Ramadhan Sempurna susunan Syed Muhammad Soleh al Munajid dan Syaikh Ibn Baz, menurut kitab Fatawa Ibn Baz, puasa Ayyamul Bidh lebih afdhal (utama) dikerjakan selama tiga hari berturut-turut sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW.Meski demikian, puasa Ayyamul Bidh boleh dikerjakan tidak genap selama tiga hari.

“Jika tidak memungkinkan, boleh tidak berpuasa pada tanggal 13 Hijriah. Jadi ia berpuasa pada tanggal 14 dan 15 Hijriah,” bunyi keterangan dalam buku tersebut.

(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini