spot_img
Kamis, April 18, 2024
spot_img

Presiden Xi Jinping Perkuat Cengkeraman, Kendalikan Pemerintah dan Ekonomi RRC

Penunjukan Xi terjadi ketika dia menghadapi tekanan domestik untuk membalikkan ekonomi yang dihantam oleh strategi nol-Covid dan tindakan kerasnya di berbagai sektor bisnis.

Di luar negeri, dia mengalami hubungan yang memburuk dengan AS selama perang Ukraina dan saga balon mata-mata baru-baru ini, bahkan saat dia menghangatkan pelukannya dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin.

- Advertisement -

NPC juga akan mengungkap Perdana Menteri baru, setara dengan perdana menteri China yang secara tradisional mengawasi aspek ekonomi dan administrasi pemerintahan.

Li Qiang, salah satu kolega Xi yang paling tepercaya, diperkirakan akan mengambil peran tersebut. Sebagai sekretaris partai Shanghai, dia mengawasi penguncian Covid yang berkepanjangan dan menyakitkan yang membuat marah penduduk setempat dan menjadi berita utama internasional.

- Advertisement -

Mantan perdana menteri Li Keqiang, yang digulingkan dalam perombakan kepemimpinan pada kongres partai bulan Oktober, akan menyampaikan pidato laporan kerja terakhirnya.

Penunjukan politik untuk Komite Tetap Politbiro lainnya, yang setara dengan kabinet Xi, juga akan diumumkan.

- Advertisement -

Banyak yang akan menonton untuk melihat siapa yang mengisi beberapa posisi kunci, seperti menteri perdagangan, kepala komisi pembangunan dan reformasi nasional, kepala propaganda, dan kepala keamanan negara.

Pengamat mengatakan tim itu dipilih lebih karena kesetiaan mereka kepada Xi dan partai, bukan karena keahlian mereka. (Ach/Okz)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini