spot_img
Kamis, Mei 23, 2024
spot_img

Prabowo Kenang 3 Pesan Penting dari Soeharto Sebelum ke Medan Perang

KNews.id – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengenang hari lahir Presiden ke-2 RI Soeharto. Ia menilai Soeharto merupakan sosok pekerja keras, sangat disiplin, dan teliti.
“8 Juni kemarin merupakan hari lahir dari Jenderal Besar TNI (Purn) H.M. Soeharto, Presiden RI Ke-2. Bagi saya beliau merupakan sosok pekerja keras, sangat disiplin dan teliti,” tulis Prabowo dalam akun Facebook-nya, Selasa (13/6).

Dalam unggahan itu Prabowo turut mengenang kala dirinya memimpin operasi Batalyon 328 ke Timor Timur.
Di masa lalu Timor Timur adalah bagian dari wilayah Indonesia. Provinsi itu bergejolak karena aspirasi memisahkan diri dari RI. TNI pernah berperang dengan kelompok pro kemerdekaan Timor Timur.

- Advertisement -

PAN Ungkap Rencana Koalisi Permanen Empat Partai Dukung Prabowo
Sebelum menjalankan operasi, Prabowo mengaku dipanggil oleh Soeharto ke kediamannya di Cendana, Jakarta Pusat.

“Saya pun menceritakan kepada perwira-perwira saya, bahwa saya dipanggil Presiden, dan mereka pun bergembira. Karena sebuah tradisi di kami, kalau dipanggil Panglima Tertinggi sebelum menjalankan tugas, akan diberi sangu, bekal,” tulis Prabowo.
Dikira akan diberikan bekal, ternyata setibanya di Cendana Prabowo hanya diberikan nasihat.

- Advertisement -

“Kemudian Pak Harto berkata, saya hanya titip tiga hal kepada kamu, Bowo. Ojo lali, ojo dumeh, ojo ngoyo. Paham, mengerti!” ungkap Prabowo mengenang nasihat Soeharto.
Prabowo mengaku sempat kecewa lantaran hanya diberikan nasihat dan bukan bekal. Namun setelah ia renungkan ternyata nasihat itu memiliki makna yang mendalam.

Pesan pertama ojo lali, kata Prabowo, punya arti tidak melupakan semua pelajaran yang telah diterima. Mulai dari pelajaran dari orang tua, agama, sekolah dasar, hingga pelajaran militer.
Kemudian, ojo dumeh yang artinya tidak boleh sombong.
“Orang yang sombong biasanya meremehkan musuh, biasanya lengah, biasanya tidak teliti karena dia terlalu percaya diri,” tulis dia.

- Advertisement -

“Kita tidak boleh bernafsu dalam melaksanakan operasi militer,” ujarnya.
Ia bahkan mengaku menuliskan tiga pesan Soeharto itu di atas peta di posko setiap melaksanakan operasi militer.

“Alhamdulillah dalam operasi, Batalyon 328 mendapat hasil yang sangat baik dan mendapat penghargaan dari Panglima Operasi,” kata dia. (Zs/CNN)

Saksikan Video di Bawah Ini:
VIDEO: PKB Ancam Evaluasi Dukungan, Gerindra: Itu Masukan

Baca artikel CNN Indonesia “Prabowo Kenang 3 Pesan Penting dari Soeharto Sebelum ke Medan Perang” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230613173823-32-961360/prabowo-kenang-3-pesan-penting-dari-soeharto-sebelum-ke-medan-perang.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini