spot_img
Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Prabowo dan Ganjar Tidak Hadir ke Acara Walhi

KNews.id – Tiga calon presiden peserta Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, diundang menghadiri acara dialog dengan capres yang diadakan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau Walhi pada siang hari ini, Sabtu, 25 November 2023. Namun, hanya Anies yang datang memberi paparan dalam kegiatan yang membahas isu lingkungan tersebut. Sementara Prabowo dan Ganjar dikatakan tidak hadir karena ada agenda di tempat lain.

Direktur Eksekutif Walhi Zenzi Suhadi menyayangkan ketidakhadiran Prabowo dan Ganjar dalam acara tersebut. “Memang tiga kandidat itu kami undang semua ya, sayangnya Pak Prabowo dan Pak Ganjar tidak hadir sehingga kami tidak bisa melihat dan menilai tanggapan mereka,” kata Zenzi di sela-sela kegiatan itu di Balai Kartini, Jakarta Selatan pada Sabtu, 25 November 2023.

- Advertisement -

Dalam acara bertajuk Konferensi Orang Muda Pulihkan Indonesia ini, perwakilan pemuda dari Walhi memberikan piagam yang berisi poin-poin tentang isu lingkungan hidup untuk ditanggapi para capres. Piagam tersebut dikatakan Zenzi sebagai bentuk usulan bagi para capres untuk menghadapi isu ekologi.

Pantauan Tempo di lokasi, Anies memberikan paparan visi dan misinya terhadap isu lingkungan selama sekitar 22 menit. Sementara itu, Prabowo Subianto yang tidak hadir mengirimkan anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Darori Wonodipuro, sebagai perwakilannya ke acara tersebut. Adapun Ganjar tidak mengutus perwakilan untuk hadir.

- Advertisement -

Akan tetapi, Zenzi mengatakan pihaknya hanya memberikan kesempatan bicara kepada Anies Baswedan. Darori sebagai perwakilan Prabowo Subianto tidak memberi paparan dalam acara tersebut.

“Kami memang tidak memberikan ruang kepada Pak Darori untuk menyampaikan tanggapan, karena yang ingin kami dengarkan tanggapan dan komitmennya itu capresnya,” ujar Zenzi. Menrutnya, hal tersebut karena tidak ada mekanisme penagihan komitmen yang jelas jika janji dan visi misi tentang isu lingkungan hidup tidak disampaikan langsung oleh capres.

- Advertisement -

Zenzi pun mengungkapkan alasan yang diberikan Prabowo dan Ganjar untuk ketidakhadiran mereka. “Kalau Pak Ganjar katanya sedang di Kalimantan Barat. Pak Prabowo juga sedang di luar kota,” kata Zenzi.

Meskipun tidak semua capres hadir dalam acara hari ini, Zenzi berujar tetap menyampaikan rasa hormatnya kepada para capres. Dia berujar ketiganya merupakan putra-putra terbaik bangsa yang berkontestasi dalam Pemilu 2024.

Zenzi pun mengatakan pihaknya tetap akan bersikap netral dalam Pemilu 2024. “Saya menggarisbawahi bahwa Walhi itu tidak politik partisan. Kami tidak memihak satu sama lain, tetapi kami menyorongkan agenda-agenda penyelamatan lingkungan kepada ketiga kandidat ini,” ujar dia.  (Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini