spot_img
Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Posko TPS Gerakan Rakyat di Purwakarta, Dulu Merah Kini Jadi Kandang AMIN

KNews.id – Timnas AMIN dan para relawan melakukan aktivasi Posko TPS Gerakan Rakyat di Jawa Barat, yaitu di Kabupaten Bandung, Garut, Sumedang, dan Purwakarta selama 12 – 15 Desember 2023.
Rombongan Timnas AMIN dan relawan berangkat dari Rumah Perubahan Brawijaya X, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Selasa (12/12/2023). Rangkaian aktivasi Posko TPS Gerakan Rakyat di Jawa Barat sebagai lumbung suara pemilih nasional ini berakhir di Purwakarta.
Wakil Deputi Kerelawanan dan Partisipasi Publik Timnas AMIN Irjen Pol. (Purn) Irlan Kustian memimpin rombongan ini dalam aktivasi Posko TPS Gerakan Rakyat di Jawa Barat. Saat meresmikan posko di Purwakarta, Irlan juga berdialog dengan para relawan yang menumpahkan unek-unek yang dihadapinya di lapangan selama ini.
“Saya awalnya kecewa melihat relawan Anies tidak berkembang secara signifikan. Kok tidak berkembang. Saya kemudian buka simpul-simpul, kita menyentuh orang. Tapi ada persoalan lain, misal mau masuk sebuah perumahan, ternyata akan diserang,” kata salah satu relawan AMIN di Posko TPS Gerakan Rakyat di Jalan Suplesi Kamojing, Kampung Cihideung, Kelurahan Ciseureuh, Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.
Irlan Kustian memahami apa yang dialami para relawan di lapangan. Hal itu menjadi tantangan yang tidak boleh membuat pesimis para relawan di lapangan. Irlan memberikan beberapa trik dan cara untuk diterapkan para relawan.
“Kita merangkul ulama, tokoh masyarakat. Kita gunakan sistem multi level marketing. Keunggulan kita adalah militansi kader. Misal sepulang dari sini, pastikan keluarga satu suara, terus menyebar ke tetangga sekitar, teman-teman. Grup seperti sekolah, teman kuliah, sangat menentukan,” ungkap Irlan yang diamini para relawan.
Irlan sepakat agar relawan mengurangi pertemuan-pertemuan skala besar dengan memobilisasi massa. Pasalnya, lebih menyentuh jika dilakukan melalui dialog dengan jumlah terbatas.
“Kita hindari posting hal-hal negatif, karena akan merugikan, dilaporkan ke polisi. Jangan terpancing menghujat dua-duanya. Kalau masuk dua putaran, semua saling membutuhkan. Pertengkaran mereka akan menjadi peluang bagi kita,” tutur Irlan.
Sementara itu, Presidium Gerakan Rakyat Kabupaten Purwakarta Riza Kota Putra membocorkan kenekatannya menggelar nonton bareng debat capres di kandang merah. “Merah itu dulu, sekarang pada mendukung Anies Baswedan – Cak Imin,” ucap Riza. Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) kemudian melanjutkan aktivasi posko TPS Gerakan Rakyat di Kecamatan Cibatu, Purwakarta.
Koordinator Rombongan Dicky Fernando mempraktikkan pembuatan stiker AMIN, serta spanduk rakyat yang menggunakan bahan karung bekas.
Aktivasi Posko TPS Gerakan Rakyat di Purwakarta merupakan rangkaian terakhir Timnas AMIN di wilayah Jawa Barat setelah sebelumnya di Kabupaten Bandung, Garut, dan Sumedang. Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat 35,7 juta daftar pemilih tetap (DPT) di Jawa Barat atau setara dengan 17% pemilih nasional.  (Zs/Ops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini