spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Pesan Ali Jaber : Jangan Tutup Pintu Rumah saat Subuh, Walau Masih Gelap dan Sepi

KNews.id – Saat subuh hari, biasanya orang akan enggan membuka pintu rumah karena di luar masih gelap dan sepi. Pintu rumah dan jendela kemudian ditutup rapat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sementara sang pemilik melanjutkan tidur.
Padahal, ada hal luar biasa jika mau membuka pintu rumah di subuh hari. Atau minimal jendela dibuka saat subuh daripada tertutup rapat. Ada apakah di subuh hari sampai dianjurkan pintu dan jendela rumah dibuka?
Syekh Ali Jaber mengungkapkan bahwa Rasulullah dahulu pernah berdoa kepada Allah untuk memberikan berkah kepada umatnya yang beribadah di subuh hari.
“Ya Allah, berkahi ibadah umatku di subuh hari,” ujar Syekh Ali Jaber. Tidak heran jika subuh hari merupakan waktu yang sangat istimewa di dalam Islam. Ketika yang lain masih terlelap dalam tidur, orang-orang yang sudah memulai aktivitasnya dan beribadah di subuh hari akan diberikan hadiah yang luar biasa.
Bahkan di dalam waktu subuh menurut Syekh Ali Jaber ada kesempatan doa terkabul dan diberi rezeki.
Lantas apa hubungannya dengan membuka pintu rumah di subuh hari?
Menurut Syekh Ali Jaber, ulama terdahulu punya kebiasaan membuka pintu rumah setelah melaksanakan shalat subuh.
“Kalau dalam sejarah ulama dulu, kalau lepas shalat subuh mereka buka pintu rumah,” ungkap Syekh Ali Jaber. “Subuh, mereka buka pintu rumah,” lanjutnya.
Sebagai seorang ulama, tentu ada alasan mengapa mereka membuka pintu rumah di subuh hari. Ternyata, Allah di setiap subuh mengirimkan para malaikat untuk membawa berkah ke dunia.
“Karena setiap subuh malaikat turun bawa berkah,” ujar Syekh Ali Jaber. Agar berkah yang dibawa malaikat ini bisa masuk, maka Syekh Ali Jaber menganjurkan untuk buka pintu dan jendela rumah di subuh hari.
“Berkah masuk, boleh buka jendela, pintu supaya ada berkah masuk di setiap subuh,” kata Syekh Ali Jaber. Jika takut ada orang jahat masuk jika pintu rumah dibuka ketika subuh masih gelap dan sepi, maka boleh dengan membuka jendela saja.
“Tapi ada orang cakap, kemarin saya takut buka pintu rumah nanti ada orang maling, saya lepas shalat subuh tidurlah terus kalau saya buka pintu terus nanti semua barang hilang,” ujar Syekh Ali Jaber.
“Alhamdulillah boleh buka jendela, tidak mesti pintu, silakan buka supaya ada berkah masuk di setiap subuh,” lanjutnya.
Yang terpenting, jangan sampai setelah shalat subuh lanjut tidur karena akan kehilangan kesempatan emas mendapatkan berkah dari Allah SWT.
“Oleh sebab itu sebagian ulama berkata lepas subuh langsung tidur itu tidak diperkenankan,” jelas Syekh Ali Jaber.
“Lepas subuh Allah antarkan banyak berkah melalui malaikat, kalau tidur mana dapat berkahnya,” lanjutnya. Isilah subuh hari dengan beragam aktivitas, membuka pintu rumah, dan yang paling mulia adalah dengan beribadah kepada Allah dengan dzikir, doa, ataupun sedekah.  (Zs/Ops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini