spot_img
Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Pensiunan KS Group Demo, Tuntut Hak Pensiun

KNews.id – Ratusan pensiunan PT Krakatau Steel (KS) Group yang tergabung dalam Perhimpunan Pensiunan Krakatau Steel (PPKS) melakukan demo di kantor Direksi PT Krakatau Steel Cilegon.Rencananya, aksi itu akan dilakukan hingga Jumat, 22 Desember 2023.

Unjuk rasa itu untuk menuntut PTĀ  Krakatau Steel (KS) untuk mengembalikan hak pensiunan KS atau KS Group yang dihapus semena-mena sejak tahun 2020.

- Advertisement -

Perwakilan PPKS, Leopold Sitompul, menjelaskan bahwa pada tahun 2020 Peraturan Dana Pensiun (PDP)-KS tahun 2009 yang saat itu sedang berlaku, diubah oleh PT KS secara semena-mena dengan menghapus sebagian hak pensiunan KS/KSG.

ā€œDengan dihapusnya hak pensiunan KS/KSG tersebut, PT KS terlepas dari kewajiban ke DAPEN-KS sebesar USD 100 juta atau sekira Rp 1,5 triliun. Dengan terlepasnya kewajiban tersebut PT KS mengakui sebagai pendapatan lain-lain dari kebijakan tersebut dan meraih keuntungan besar pada tahun kinerja 2020, setelah sebelumnya PT KS selalu rugi besar selama delapan tahun berturut-turut sejak tahun 2012,ā€ papar Leo.

- Advertisement -

Leo melanjutkan, yang membuat pensiunan KS/KSG merasa dirampok dan dizalimi, karena selain PT KS mengakui sebagai pendapatan sebesar sekira Rp 1,5 triliun dan meraih keuntungan besar pada tahun kinerja 2020, PT KS tetap membayar kewajiban ke krediturnya, sementara kewajiban ke DAPEN-KS malah dihapus yang mengakibatkan sebagian dari hak pensiunan KS/KSG hilang.

Selain itu, sejak tahun 2020 sampai tahun 2022, PT KS selalu menyampaikan ke publik untung. Sementara, ke pensiunan KS/KSG, PT KS selalu beralasan kondisi PT KS sedang pada titik nadir. Pensiunan KS/KSG menuntut ke PT KS agar hak pensiunan KS/KSG yang dihapus tersebut dikembalikan.

- Advertisement -

ā€œKami sudah bertemu dengan Dirut KS secara resmi dua kali pada bulan Mei dan Agustus 2023, dan secara informal sekira dua minggu yang lalu. Kami juga sudah audiensi ke OJK sekira bulan Oktober 2023 dan Kementerian BUMN lebih dari satu bulan yang lalu, kami juga sudah unjuk rasa di kantor KS di Jakarta pada Agustus lalu dan di Kementerian BUMN sekira lebih dari satu bulan yang lalu,ā€ papar Leo.

Pensiunan KS/KSG akan terus menuntut ke PT KS untuk mengembalikan haknya yang hilang sampai berhasil dan mendorong Kementerian BUMN untuk membantu penyelesaian.

ā€œKalau tuntutan kami tetap tidak dipenuhi oleh PT Krakatau Steel, pensiunan KS/KSG akan melanjutkan unras yang satu minggu ini tetap ke kantor Direksi PT KS di Cilegon atau di Jakarta dan akan kembali unras ke kantor Kemen BUMN atau ke Istana Negara,ā€ papar Leo. (Zs/RB)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini