spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Pengumuman Terbaru dan Sangat Penting bagi Seluruh Pengguna Telkomsel di RI

KNews.id – Telkomsel telah mematikan jaringan 3G di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan demikian, tidak ada lagi sinyal 3G di 504 kota/Kabupaten dan digantikan oleh sinyal 4G.

- Advertisement -

Adapun proses suntik mati sinyal 3G tersebut telah dilakukan secara bertahap mulai Maret 2022 dan selesai pada Juni 2023. Direktur Network Telkomsel Nugroho mengucapkan rasa syukur karena tidak ada kendala yang berarti dalam proses tersebut.

“Kami menyampaikan rasa syukur serta apresiasi yang luar biasa atas kepercayaan para pelanggan, serta dukungan yang diberikan oleh Kominfo, sehingga seluruh proses peningkatan/pengalihan jaringan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten yang Telkomsel lakukan berjalan dengan lancar, tanpa kendala yang berarti,” ujar Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/6).

- Advertisement -

Adapun selama proses upgrade ini, Telkomsel telah mengalihkan teknologi jaringan 3G pada lebih dari 49 ribu BTS ke 4G. Dengan demikian, kini lebih dar 96 persen wilayah populasi di Indonesia telah terlayani jaringan 4G Telkomsel.

Perusahaan pelat merah itu menyebutkan ada peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM 4G sebesar 84% YoY, diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14% YoY.

- Advertisement -

Selain itu, turut berdampak persentase peningkatan jumlah device yang bermigrasi ke device 4G, yakni sebanyak 51% YoY. Sementara itu, Telkomsel juga akan makin meningkatkan layanan jaringan dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup digital masyarakat dengan dimatikannya sinyal 3G.

Hal itu diharapkan dapat berdampak pada kemajuan di berbagai aspek kehidupan hingga mendorong percepatan transformasi ekonomi digital nasional ke depannya.

Di sisi lain, Nugroho menjelaskan keberhasilan Telkomsel dalam peralihan jaringan ini didukung oleh komitmen perusahaan. Mulai dari tahap awal pengkajian, perencanaan dan persiapan yang matang, hingga kelancaran pelaksanaan proses yang telah dilakukan. Menurutnya, seluruh upaya tersebut mencakup dari kesiapan infrastruktur dan teknologi, serta jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung.

Kemudian juga penguatan ekosistem layanan yang mendukung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia. Sementara itu, Kementerian Kominfo mengapresiasi keberhasilan Telkomsel dalam menuntaskan peralihan jaringan 3G ke 4G di seluruh Indonesia.

Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Wayan Toni Supriyanto mengatakan pihaknya melalui Pusat Monitoring Telekomunikasi akan terus bekerja sama dengan seluruh operator untuk meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi bagi masyarakat. (Zs/Nt)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini