spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Nepal Berduka, Pesawat Berpenumpang Sebanyak 68 Orang Jatuh

“Sejauh ini kami sudah menemukan 68 jenazah. Kami sedang mencari empat jenazah lainnya,” kata Tek Bahadur, kepala Distrik Taksi di lokasi jatuhnya pesawat.

Tayangan video yang direkam menggunakan telepon seluler menunjukkan pesawat maskapai Yeti Airlines itu menukik tajam saat sedang mendekati bandara.

- Advertisement -

Laporan stasiun TV lokal memperlihatkan regu penyelamat berupaya mencari korban di sekitar bagian pesawat yang hangus di ngarai Sungai Seti, lebih satu kilometer dari bandara.

Sejauh ini belum jelas apa yang menyebabkan pesawat tersebut jatuh.

- Advertisement -

Juru bicara Bandara Pokhara, Anup Joshi, menyampaikan bahwa pilot meminta agar pesawat yang dikendalikannya mendarat di Landasan 1—berubah dari Landasan 3 yang sudah disiapkan pihak bandara. Perubahan itu disetujui bandara, kata Joshi.

“Kami bisa mengoperasikan dari dua landasan. Pesawat diperbolehkan mendarat,” papar Joshi.

- Advertisement -

Joshi mengatakan, “sangat disayangkan” insiden ini terjadi 15 hari setelah bandara itu baru dibuka.

Rakyat Nepal berduka atas tewasnya puluhan orang dalam kecelakaan pesawat terparah di negara itu selama tiga dekade terakhir.

Perdana Menteri Nepal menyatakan Senin sebagai hari berkabung nasional, dan pemerintah membentuk panel untuk menyelidiki penyebab bencana tersebut.

Seorang warga setempat bernama Divya Dhakal menuturkan kepada BBC bagaimana dia bergegas ke lokasi kecelakaan setelah melihat pesawat jatuh dari angkasa sesaat setelah pukul 11:00 waktu setempat (05:15 GMT).

“Pada saat saya berada di sana, lokasi jatuhnya pesawat sudah ramai. Asap besar keluar dari api pesawat. Dan kemudian helikopter datang dalam waktu singkat,” paparnya.

“Pilot melakukan yang terbaik untuk tidak menabrak permukiman atau rumah,” tambahnya. “Ada ruang kecil tepat di samping Sungai Seti dan pesawat tersebut mendarat di ruang kecil itu.”

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini