spot_img
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Menjadi Haji yang Mabrur, Ini Makna dan Cirinya

KNews.id – Jakarta , Ketika ada seseorang yang hendak melaksanakan haji, muslim kerap mengucapkan ungkapan doa agar semoga menjadi haji yang mabrur. Lantas, apa makna dan apa saja cirinya?

Setiap jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci berharap agar ibadahnya menjadi haji yang mabrur. Dikatakan juga dalam sebuah hadits bahwa surga adalah ganjaran bagi mereka yang berhaji lalu mendapat predikat mabrur.

- Advertisement -

الْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّةُ

Artinya: “Tidak ada balasan (yang layak) bagi jamaah haji mabrur selain surga.” (HR Bukhari)

- Advertisement -

Namun, Ustaz A. Solihin As Suhaili dalam buku Tuntunan Super Lengkap Haji & Umrah mengatakan, predikat haji mabrur tidak didapatkan berdasarkan perasaan atau katanya, melainkan berdasarkan pada sumber ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan sunnah dengan pemahaman yang benar sesuai dengan apa yang telah dijelaskan oleh para ulama.

Makna Haji Mabrur

- Advertisement -

Masih merujuk sumber yang sama, mabrur secara bahasa berasal dari kata barra dan memiliki arti mendapatkan kebaikan atau menjadi baik. Dengan kata lain, haji mabrur artinya haji yang mendapatkan kebaikan.

Sering juga diartikan sebagai haji yang diterima oleh Allah SWT, dengan kata lain, haji mabrur adalah haji yang mendapatkan kebaikan atau haji yang (pelakunya) menjadi baik.

Sementara itu, Menurut Kamus Induk Bahasa arab (Lisanul Arab), Ibnu Mandzur menjelaskan bahwa kata “mabrur” mengandung dua makna. Pertama, mabrur berarti baik, suci, dan bersih.

Menurutnya, haji mabrur adalah haji yang tak terdapat di dalamnya noda dan dosa. Seperti untuk jual beli, berarti tak mengandung dusta dan penipuan. Kedua, mabrur berarti maqbul artinya mendapat ridha Allah SWT.

M. Quraish Shihab dalam bukunya M. Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman Yang patut Anda Ketahui mengatakan, haji mabrur adalah haji yang sempurna hukum-hukumnya sehingga terlaksana secara sempurna. Hal ini juga yang diperintahkan dalam surah Al-Baqarah ayat 196 untuk menyempurnakan ibadah haji.

Allah SWT berfirman,

.. وَاَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّٰهِ ۗ

Artinya: ” Sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah…”

Ciri-ciri Haji Mabrur

Untuk mengetahui apakah haji yang dikerjakan mabrur atau tidak terdapat ciri-ciri yang bisa diamati setelah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji. Mengutip buku Kamus Kecil Karakter Islami karya H. Brilly El-Rasheed, haji yang mabrur adalah haji di dalamnya tidak ada perbuatan dosa yang dapat mengotori ibadahnya.

Al-Qurthubi mengatakan haji mabrur adalah haji yang tidak dikotori oleh maksiat saat melaksanakan manasik dan tidak lagi gemar bermaksiat setelah pulang haji.

Haji yang mabrur juga dapat ditandai dengan perubahan sikap ke arah yang lebih baik. Misalnya, sebelum berhaji seorang muslim suka lalai dalam beribadah, tetapi setelah melaksanakan haji ia berkomitmen untuk tidak lagi melakukan perbuatan yang tidak disukai Allah SWT.

Perilaku tersebut yang dinamakan zuhud yakni tidak terlena dengan kehidupan dunia dan mementingkan kehidupan akhirat. Al-Hasan Al- Bashri RA mengatakan, “Haji mabrur adalah jika sepulang haji menjadi orang yang zuhud dengan dunia dan merindukan akhirat.”

Rasulullah SAW dalam sebuah hadits pernah menjelaskan ciri-ciri orang yang hajinya mabrur, “Para sahabat berkata, ‘Wahai Rasulullah, apa itu haji mabrur?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Memberikan makanan dan menebarkan kedamaian’.” (HR Ahmad).

Kembali mengutip dari Ustaz A. Solihin As Suhaili, kedua ciri-ciri di atas yang disebut oleh Rasulullah SAW dalam hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan haji yang mabrur kita dituntut menjadi orang yang gemar bersedekah dan berakhlak mulia. Ciri-ciri tersebut memiliki dimensi sosial.

Pada dasarnya, haji mabrur adalah haji yang dapat membuat pelakunya semakin peduli terhadap persoalan-persoalan sosial dan kemanusiaan. Ia dan keluarganya, sanak saudaranya dan masyarakat dapat memperoleh kebaikan dari ibadah haji yang dilakukannya.

(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini