spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Mengenal Lebih Jauh tentang Carbon Capture and Storage (CCS)

KNews.id – Carbon Capture and Storage (CCS) telah menjadi topik penting dalam upaya mitigasi pemanasan global. Teknologi ini mengacu pada serangkaian proses yang bertujuan untuk menangkap karbon dioksida (CO2) dari sumber-sumber besar emisi, mengurangi jumlah CO2 yang dilepaskan ke atmosfer, dan menyimpannya secara aman untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Bagaimana CCS Bekerja?

- Advertisement -

Teknologi CCS terdiri dari beberapa tahapan utama:

  1. Pemisahan dan Penangkapan CO2: Proses ini melibatkan pemisahan CO2 dari gas buang di sumber emisi besar seperti pembangkit listrik, industri, atau fasilitas yang menggunakan bahan bakar fosil atau biomassa. Teknologi absorpsi dan pemisahan CO2 telah digunakan dalam industri untuk tujuan ini.
  2. Pengangkutan CO2: CO2 yang telah ditangkap akan diangkut melalui pipa, kapal, kereta api, atau truk ke tempat penyimpanan atau penggunaan selanjutnya. Transportasi ini mirip dengan pengangkutan gas lainnya.
  3. Penyimpanan CO2: CO2 yang ditangkap kemudian disimpan secara aman. Salah satu metode penyimpanan adalah dengan memasukkannya ke dalam lapisan batuan di bawah permukaan bumi yang tidak aktif, di mana CO2 akan terperangkap dan tidak melepaskan ke atmosfer. Metode lain termasuk injeksi ke kedalaman laut yang aman.

Pentingnya CCS dalam Mengurangi Emisi CO2

Menurut International Energy Agency (IEA), sekitar 56% dari total emisi CO2 berasal dari pembakaran bahan bakar fosil. Oleh karena itu, teknologi CCS menjadi krusial dalam upaya mengurangi emisi ini.

Implikasi CCS

Teknologi ini tidak hanya terkait dengan mengurangi emisi CO2 tetapi juga dengan memanfaatkan CO2 yang ditangkap untuk aplikasi lain atau penyimpanan dalam formasi geologi yang dalam, seperti reservoir minyak dan gas yang sudah tidak aktif. Hal ini memungkinkan CO2 yang tertangkap untuk digunakan kembali atau disimpan secara permanen.

- Advertisement -

Tantangan dan Potensi CCS di Masa Depan

Meskipun potensialnya besar dalam mengurangi emisi, CCS masih memiliki tantangan seperti biaya yang tinggi, infrastruktur yang diperlukan, dan isu-isu terkait keamanan penyimpanan CO2. Dengan adanya dukungan dan pengembangan lebih lanjut dalam teknologi ini, CCS memiliki potensi besar untuk menjadi bagian penting dalam upaya global untuk mengurangi emisi CO2 dan melawan perubahan iklim.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang CCS, teknologi yang berperan penting dalam menanggulangi dampak perubahan iklim global. Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, harapan besar terletak pada implementasi lebih lanjut dan peningkatan efisiensi CCS di masa depan.  (Zs/News)

 

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini