spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Mengenal Asam Lambung: Gejala, Penyebab dan 11 Cara untuk Mencegahnya

 

KNews.id – Asam lambung adalah sensasi panas dan perih di dada atau perut yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Kondisi ini sering disebut juga dengan heartburn atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

- Advertisement -

Asam lambung sebenarnya sangat penting untuk sistem pencernaan, tetapi terkadang sel-sel penghasil asam di sistem pencernaan dapat mengeluarkan terlalu banyak asam. Hal itulah yang menyebabkan asam lambung dan gejalanya bisa berupa sakit perut, kembung, dan mulas.

Ada beberapa penyebab produksi asam lambung tinggi, seperti infeksi bakteri, stres, dan efek samping akibat penghentian obat. Dikutip dari verrywellhealth, simak penjelasannya berikut ini.

- Advertisement -

Gejala Asam Lambung Tinggi

  • Maag
  • Rasa asam di mulut Anda
  • Bau mulut
  • Batuk atau cegukan berulang
  • Suara serak
  • Kembung
  • Mual
  • Diare

Apa Penyebab Asam Lambung Tinggi?

- Advertisement -

Sel-sel yang melapisi lambung menghasilkan asam klorida, yang mana membantu memecah makanan menjadi komponen dasar yang diperlukan untuk kehidupan. Kondisi tertentu akhirnya dapat menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak asam seperti:

  • Helicobacter pylori( H. pylori) adalah bakteri yang merusak jaringan di perut dan duodenum (bagian pertama dari usus kecil Anda). Memiliki infeksi bakteri H. Pylori akut yang aktif di dalam perut nantinya bisa menyebabkan peningkatan asam lambung, sementara infeksi kronis telah terbukti mengurangi sekresi dari asam lambung.
  • Lemahnya Sfingter Esofagus Bagian Bawah (LES): LES adalah otot yang menghubungkan kerongkongan dan lambung. Ketika LES lemah, asam lambung dapat naik ke kerongkongan.
  • Hernia Hiatus: Hernia hiatus adalah kondisi di mana bagian atas lambung menonjol melalui celah di diafragma.
  • Faktor Gaya Hidup: Makan makanan berlemak, pedas, asam, dan berminyak, Minum alkohol dan kafein, Merokok, Obesitas, Makan dengan porsi besar dan jarang, Berbaring setelah makan, Tidur dengan kepala lebih rendah.
  • Stres telah dikaitkan dengan keterlambatan pengosongan asam lambung. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa stres kronis dapat menguras prostaglandin, yang melindungi lapisan lambung dari asam, sehingga dapat meningkatkan risiko terkena maag.
  • Obat-obatan seperti penghambat H2 seperti Pepcid (famotidine) dan penghambat pompa proton (PPI) yang mana dapat menurunkan produksi asam di lambung. Jika Anda meminum salah satu obat ini secara teratur, ada kemungkinan Anda akan mengalami peningkatan produksi asam lambung jika Anda berhenti tiba-tiba.
  • Sindrom Zollinger-Ellison (ZES) merupakan kondisi dimana pencernaan langka yang melibatkan neuroendokrintumor yang disebut gastrinoma yang menyebabkan perut menghasilkan terlalu banyak asam.

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

1. Hindari Menunda Makan:

Makanlah dengan teratur dan jangan menunda waktu makan. Hal ini membantu menjaga kadar asam lambung dalam keadaan stabil.

2. Hindari Berbaring Setelah Makan:

Tunggu setidaknya 3 jam setelah makan sebelum berbaring. Berbaring setelah makan dapat membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

3. Minum Air Putih yang Cukup:

Minum air putih yang cukup dapat membantu menetralkan asam lambung. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari.

4. Hindari Makanan Pemicu:

Hindari makanan yang dapat memicu asam lambung naik, seperti makanan berlemak, pedas, asam, dan berminyak.

5. Ubah Frekuensi Makan:

Makan dengan porsi kecil dan sering (5-6 kali sehari) dapat membantu mengurangi produksi asam lambung.

6. Makan Perlahan:

Makanlah dengan perlahan dan kunyah makanan dengan baik. Hal ini membantu pencernaan dan mencegah asam lambung naik.

7. Konsumsi Makanan Tinggi Protein:

Konsumsi makanan tinggi protein dapat membantu memperkuat otot LES yang berperan dalam mencegah asam lambung naik.

8. Hindari Minuman Pemicu:

Hindari minuman yang dapat memicu asam lambung naik, seperti alkohol, kafein, dan soda.

9. Kelola Stres:

Stres dapat meningkatkan produksi asam lambung. Kelola stres dengan baik dengan melakukan yoga, meditasi, atau aktivitas lainnya yang dapat membantu Anda rileks.

10. Berhenti Merokok:

Merokok dapat melemahkan LES dan meningkatkan produksi asam lambung. Berhenti merokok untuk membantu mencegah asam lambung naik.

11. Menurunkan Berat Badan:

Berat badan berlebih dapat meningkatkan tekanan pada perut dan mendorong asam lambung naik ke kerongkongan. Menurunkan berat badan dapat membantu mencegah asam lambung naik.

(Zs/S.Com)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini